IMPLEMENTASI PLATFORM GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MODEL HYBRID SYSTEM PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK NEGERI 4 MALANG

Nasatal Ula Chamidah Aa, Sri (2021) IMPLEMENTASI PLATFORM GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MODEL HYBRID SYSTEM PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK NEGERI 4 MALANG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Selama pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 4 Malang pada kelas X Multimedia mata pelajaran pemrograman dasar, peneliti mendapati guru pemrograman dasar belum menghadirkan inovasi kemenarikan materi belajar yang dapat digunakan oleh siswa. Guru berusaha memfasilitasi siswa memperbolehkan penggunaan smartphone dalam pembelajaran untuk mengakses informasi materi pembelajaran. Smartphone yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mengakses berbagai informasi mengenai materi pembelajaran justru belum dimanfaatkan secara maksimal. Siswa lebih memilih mengakses sosial media, bermain game online daripada mencari materi pembelajaran yang diminta. Kegiatan pembelajaran tersebut menunjukkan rendahnya inisiatif dan kemandirian siswa dalam belajar. Dengan perkembangan teknologi pada bidang pendidikan menuntut para pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran di kelas. Alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang mengintegrasikan inovasi dan kemajuan teknologi melalui sistem online learning dengan interaksi antara guru dan siswa. Metode pembelajaran Hybrid System berbantuan kemenarikan materi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan siswa terkait kemandirian belajar. Menyajikan materi pembelajaran yang menarik membuat para siswa tidak jenuh terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. Hybrid System merupakan pembelajaran campuran antara online dan pertemuan tatap muka dalam satu aktivitas pembelajaran yang terintegrasi. Model pembelajaran ini dapat digabungkan dengan penerapan suatu Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran online salah satunya adalah Google Classroom. Hasil penerapan setelah pengaruh model pembelajaran Hybrid System berbantuan Google Classroom berisi kemenarikan materi siswa memperoleh kategori tinggi. Dikarenakan siswa hampir sebagian besar mampu melaksanakan permasalahan tugasnya secara mandiri. Siswa yang memperoleh kategori rendah sebelum pengaruh model pembelajaran Hybrid System digunakan. Kata kunci: kemenarikan materi, kemandirian belajar, Google Classroom."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: kemenarikan materi, kemandirian belajar, Google Classroom."
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:22
Last Modified: 23 Feb 2022 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184833
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sri Nasatal Ula Chamidah AA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item