"EFEKTIVITAS ABSORBSI HASIL PEROMBAKAN BAHAN ORGANIK OLEH TANAMAN Hydrilla verticillata DAN Echinodorus amazonicus PADA LIMBAH BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)"

Lailiyah, Shofiyatul (2021) "EFEKTIVITAS ABSORBSI HASIL PEROMBAKAN BAHAN ORGANIK OLEH TANAMAN Hydrilla verticillata DAN Echinodorus amazonicus PADA LIMBAH BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus)". Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beberapa upaya penurunan bahan organik dengan bioremediasi menggunakan mikroorganisme telah dilakukan. Namun, menghasilkan kadar karbon dioksida melebihi baku mutu perairan. Organisme yang dapat memanfaatkan senyawa anorganik hasil perombakan mikroorganisme seperti karbon dioksida adalah tanaman air.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan efektivitas tanaman air Hydrilla verticillata dan Echinodorus amazonicus sebagai fitoremediator dari hasil perombakan bahan organik pada limbah budidaya ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) serta mekanismenya. Penelitian ini dilaksanakan bulan April 2021 di Laboratorium Perikanan Air Tawar Sumberpasir, Pakis, Malang. Sampel air limbah budidaya ikan Lele Sangkuriang diambil di Instalasi Perikanan Budidaya Kepanjen, Malang setelah 3 bulan masa budidaya. Metode penelitian adalah eksperimen dengan analisis data ANOVA One-way dan Uji Korelasi. Perlakuan terdiri dari dua jenis tanaman yang berbeda yaitu Hydrilla verticillata dan Echinodorus amazonicus dengan berat tanaman yang berbeda 25 gram, 50 gram dan 75 gram, perlakuan kontrol tanpa tanaman dengan masing-masing 3 ulangan. Penelitian dilaksanakan selama 14 hari dengan pengukuran parameter fisika kimia setiap 2 hari meliputi bahan organik total, karbon dioksida, nitrat, fosfat, nitrogen total untuk perhitungan BCF dan TF, klorofil, luas permukaan daun, proses fotosintesis, berat akhir tanaman, suhu, pH dan oksigen terlarut. Pada perlakuan menggunakan Hydrilla verticillata memiliki persentase penurunan bahan organik dan karbon dioksida lebih banyak dari pada perlakuan Echinodorus amazonicus dengan perbedaan sebesar 0,9 – 1,3%. Demikian juga penurunan kadar fosfat dan nitrat pada perlakuan Hydrilla verticillata relatif lebih banyak dibandingkan Echinodorus amazonicus, sedangkan pada kontrol kadar nitrat dan fosfat mengalami peningkatan. Penurunan bahan organik menandakan terjadi mekanisme rhizodegradation. Penurunan karbon dioksida, nitrat dan fosfat menandakan terjadi mekanisme fitodegradasi. BCF > 1 dan TF < 1 berarti tanaman bersifat fitostabilisasi. Jumlah klorofil dan berat tanaman mengalami peningkatan setelah 14 hari pengamatan. Permukaan daun Hydrilla verticillata lebih luas dibandingkan dengan E. amazonicus. Tanaman air submerged memanfaatkan karbon dioksida melalui proses fotosintesis. Fisika kimia air memiliki kadar relatif sama dan sesuai baku mutu perairan. Kesimpulan perlakuan menggunakan Hydrilla verticillata lebih efektif dalam menurunkan bahan organik dan karbon dioksida melalui mekanisme rhizodegradasi dan fotosintesis. Saran yang diperoleh untuk pengelolaan limbah budidaya ikan Lele maupun organisme lainnya dapat menggunakan tanaman air Hydrilla verticillata.

Item Type: Thesis (Magister)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:20
Last Modified: 24 Sep 2024 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184812
[thumbnail of Shofiyatul Lailiyah.pdf] Text
Shofiyatul Lailiyah.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item