Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2019)

Melati Sucma, Aullya and Dr. Drs. Muhammad Saifi,, M.Si (2021) Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Aullya Melati Sucma, 2021. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2019), Dr. Drs. Muhammad Saifi, M.Si. 137 hal + xiii Seiring keputusan keuangan yang ditetapkan oleh manajemen sangat penting dalam menentukan struktur modal yang optimal. Dengan adanya keputusan mengenai struktur modal sangat penting karena mempengaruhi laba per saham atau kekayaan pemegang saham. Struktur modal diperlukan untuk meningkatkan nilai perusahaan karena penetapan struktur modal dalam kebijakan pendanaan perusahaan menentukan pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui adanya pengaruh struktur modal yang diukur dengan variabel Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan rasio Tobin’s Q. (2) Mengetahui adanya pengaruh struktur modal yang diukur dengan variabel Debt to Equity Ratio (DER). (3) Mengetahui adanya pengaruh struktur modal yang diukur dengan variabel Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan rasio Tobin’s Q. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dari sampel sejumlah 9 perusahaan sub sektor farmasi selama periode 2016-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berisi distribusi masing-masing variabel. Analisis yang selanjutnya adalah analisis regeresi linier berganda yang dipakai untuk mengetahui besarnya hubungan dan pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian dengan menggunakan metode uji statistik deskriptif dan uji statistik inferensial menunjukkan variabel dari struktur modal yaitu Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk uji secara parsial memiliki hasil yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal yang diukur dengan Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan struktur modal diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan."

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 22 Feb 2022 05:29
Last Modified: 24 Sep 2024 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184747
[thumbnail of AULLYA MELATI SUCMA.pdf] Text
AULLYA MELATI SUCMA.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item