Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Online Pada Kompetensi Menelaah Struktur dan Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMPN 10 Malang

Paramadhika, dinda Salsabillah (2021) Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Online Pada Kompetensi Menelaah Struktur dan Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMPN 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pembelajaran erat kaitannya dengan media pembelajaran. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu dan memudahkan guru dalam menyalurkan materi, baik bersifat akademik maupun non akademik pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas implementasi dan hasil dari penerapan salah satu media evaluasi online, yaitu Quizizz di kelas sembilan H SMPN 10 Malang. Adapun subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sembilan H yang berjumlah 30 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket yang memuat sepuluh pernyataan, pelaksanaan observasi sebelum penelitian, pelaksanaan tes berupa ulangan harian materi teks pidato persuasif berjumlah 20 soal pilihan ganda, dan transkrip naskah yang bersumber dari rekaman suara hasil wawancara bersama narasumber terpilih. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan melakukan beberapa perhitungan seperti perhitungan validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Perhitungan-perhitungan tersebut dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0. Selain itu, terdapat data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Data hasil penyebaran angket dihitung presentasenya dan dipaparkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat respon positif dari siswa kelas sembilan H saat melakukan evaluasi online menggunakan aplikasi Quizizz. Hal tersebut berdasar pada hasil penyebaran angket yang menyatakan 70% setuju atau senang apabila belajar menggunakan aplikasi Quizizz. Selain itu, sebanyak 53,34% siswa merasa senang apabila belajar menggunakan aplikasi Quizizz daripada menggunakan buku. Secara keseluruhan, data yang diperoleh menggambarkan bahwa siswa kelas sembilan H merasa lebih semangat dan termotivasi bila melakukan ulangan harian menggunakan aplikasi Quizizz saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun jika ditinjau melalui segi kognitif, rata-rata hasil prestasi siswa sebesar 71,5 dan dinyatakan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75

English Abstract

The learning process is closely related to the learning media. Learning media serves to help and facilitate teachers in distributing materials, both academic and nonacademic to students. This study aims to review the implementation and results of the application of one of the online evaluation media, namely Quizizz in the ninth grade H SMPN 10 Malang. The subjects in this study were all students of ninth grade H who prostrated 30 students. The approach used in this study is a quantitative approach. The research data was obtained through the dissemination of questionnaires containing ten statements, the implementation of observations before the research, the implementation of tests in the form of daily replays of persuasive speech text material amounting to 20 multiple choice questions, and transcripts of manuscripts sourced from voice recordings of interviews with selected speakers. The data obtained is then processed by doing several calculations such as calculations of validity, reliability, power differences, and difficulty levels of the problem. These calculations are done with the help of SPSS application version 16.0.In addition, there is data obtained from the results of the spread of questionnaires. The data of the poll spread is calculated percentage and displayed in the form of description. The results showed that there was a positive response from ninth graders when conducting an online evaluation using the Quizizz app. It is based on the results of the spread of the poll that states 70% agree or are happy when learning to use the Quizizz application. In addition, 53.34% of students were happy to learn using the Quizizz app rather than using books. Overall, the data obtained illustrates that ninth graders feel more excited and motivated when doing daily replays using the Quizizz app during Distance Learning (PJJ).However, when reviewed through cognitive aspects, the average student achievement result is 71.5 and declared not to meet the Minimum Completion Criteria (KKM) of 75

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:13
Last Modified: 04 Oct 2024 01:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184733
[thumbnail of DINDA ALDITA SALSABILLAH P.pdf] Text
DINDA ALDITA SALSABILLAH P.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item