Pengaruh Motivational Interviewing Terhadap Tingkat Pengetahuan, Efikasi Diri dan Kepatuhan Minum Obat Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 di Poliklinik Polres Tuban

Puji Lestari, Siska (2021) Pengaruh Motivational Interviewing Terhadap Tingkat Pengetahuan, Efikasi Diri dan Kepatuhan Minum Obat Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 di Poliklinik Polres Tuban. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Diabetes mellitus merupakan suatu penyakit metabolic yang tidak bisa disembuhkan secara total sehingga membutuhkan perawatan yang berkelanjutan. Seiring bertambahnya gaya hidup yang kurang baik, angka prevalensi diabetes mellitus semakin tahun semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh motivational interviewing terhadap efikasi diri pada penderita DM tipe 2. Jenis penelitian yang di lakukan adalah eksperimen dengan Non Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi adalah penderita diabetes mellitus tipe 2 yang menjalani pengobatan di Poliklinik Polres Tuban. Pengambilan sampling di lakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan besar sampel 58 orang. Pada penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariate menggunakan uji beda dua mean dependen. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivational interviewing terhadap efikasi diri penderita DM tipe 2 terjadi peningkatan skor mean kelompok intervensi dari 23,7 menjadi 40,7 (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh motivational interviewing dalam meningkatkan efikasi diri pasien diabetes mellitus tipe 2. Kata kunci : diabetes mellitus, motivational interviewing, efikasi diri "

Item Type: Thesis (Magister)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:37
Last Modified: 24 Sep 2024 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184728
[thumbnail of Siska Puji Lestari.pdf] Text
Siska Puji Lestari.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item