Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Efikasi Diri Ibu Dalam Penanganan Choking Pada Balita

Anggelina Pondete, Marlyn (2021) Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Efikasi Diri Ibu Dalam Penanganan Choking Pada Balita. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Choking atau tersedak merupakan suatu kondisi obstruksi jalan nafas akibat aspirasi benda asing secara total atau parsial pada bagian pangkal laring yang membutuhkan pertolongan segera karena dapat menyebabkan morbiditas dan mortalitas. Anak pada usia kurang dari 5 tahun dapat mengalami kematian 90% disebabkan sumbatan benda asing pada saluran pernafasan. Pertolongan kasus choking pada anak 1 – 5 tahun yang direkomendasikan bagi penolong awam yakni tindakan Heimlich Manuever. Pemberian intervensi pendidikan terkait penangangan awal choking sangat diperlukan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, inovasi edukasi terbaru yang dapat digunakan adalah video edukasi yang diberikan lewat smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video edukasi terhadap pengetahuan dan efikasi diri ibu dalam penanganan choking pada balita. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. Jumlah sampel sebanyak 18 orang dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil uji paired t test pada kelompok video edukasi variabel pengetahuan didapatkan nilai p = 0,000 dan variabel efikasi diri ibu diperoleh nilai p = 0,001 maka ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dan efikasi diri ibu setelah diberikan video edukasi penanganan choking pada balita. Hasil uji paired t test pada kelompok Leaflet variabel pengetahuan ibu didapatkan nilai p = 0,001 dan variabel efikasi diri ibu diperoleh nilai p = 0,066 maka ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan ibu setelah diberikan media Leaflet dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada efikasi diri ibu. Hasil analisis uji independent t test variabel pengetahuan nilai p = 0,011 menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai pengetahuan ibu setelah diberikan intervensi dan variabel efikasi diri nilai p = 0,037 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai efikasi diri ibu setelah diberikan intervensi. Hasil uji Normalized Gain menunjukan video edukasi memberikan peningkatan yang tinggi pada pengetahuan ibu dan peningkatan yang sedang pada efikasi diri ibu. Upaya pemberian informasi melalui video edukasi akan meningkatkan intensitas stimulus pada indera penerimanya baik penglihatan maupun indera pendengaran pada alat peraga sehingga pengetahuan responden akan lebih meningkat. Edukasi penanganan choking pada anak usia balita yang diberikan pada ibu melalui video edukasi juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efikasi diri ibu. Dalam penelitian ini media Leaflet yang diberikan memberikan kualitas peningkatan efikasi diri ibu yang rendah karena pemberian Leaflet terbatas dengan kurangnya partisipatif secara emosional untuk melihat secara langsung pencegahan dan penanganan tersedak pada anak usia balita. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah video edukasi berpengaruh terhadap pengetahuan ibu dan efikasi diri ibu dalam penanganan choking pada balita. Video edukasi sangat efektif digunakan dalam meningkatkan pengetahuan dan efikasi diri ibu dalam penanganan choking pada balita dibandingkan dengan media leaflet. Pengembangan edukasi bagi masyarakat terlebih khusus ibu dalam penanganan choking perlu dilakukan dengan tetap menggunakan strategi yang menarik memanfaatkan pengembangan teknologi dan informasi. Kata Kunci: Choking, Pengetahuan, Efikasi Diri, Video Edukasi"

Item Type: Thesis (Magister)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:30
Last Modified: 22 Feb 2022 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184672
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marlyn Anggelina Pondete.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item