Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Benalu Mangga (Dendrophthoe pentandra) terhadap Persentase Sel Limfosit T CD8+CD28- dan Kadar IL-2 pada Mencit Balb/C Betina Tua

Gabriela Yuniati, Maria (2021) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Daun Benalu Mangga (Dendrophthoe pentandra) terhadap Persentase Sel Limfosit T CD8+CD28- dan Kadar IL-2 pada Mencit Balb/C Betina Tua. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Immunosenescence meningkatkan mobiditas pada orang tua ditandai dengan akumulasi sel T CD8+CD28-. Berkurangnya CD28 juga menyebabkan penurunan IL-2 yang menyebabkan efektivitas respon imun dalam menghadapi antigen terganggu. Benalu mangga (Dendrophthoe pentandra) dengan kandungan flavonoid terbukti mampu menurunkan persentase sel T CD8+CD28- serta memodulasi terbentuknya IL-2 pada sel kultur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun benalu mangga (Dendrophthoe pentandra) terhadap persentase sel limfosit T CD8+CD28- dan kadar IL-2 pada mencit balb/c betina tua. Sampel dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif (KN) menggunakan mencit balb/c betina muda usia 8-12 minggu, kontrol positif (KP) yaitu kelompok mencit balb/c betina tua usia 18-20 bulan, serta 3 kelompok perlakuan yaitu P1, P2 dan P3 dengan berbagai dosis ekstrak etanol daun benalu mangga (P1=150 mg/kgBB; P2=300 mg/kgBB; P3 = 600 mg/kgBB) selama 30 hari. Setelah itu sampel dibedah. Darah jantung dan organ limpa diambil untuk dianalisis. Persentase sel limfosit T CD8+CD28- diamati dengan flow cytometry sedangkan kadar IL-2 dengan metode ELISA. Hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan persentase sel limfosit T CD8+CD28- pada kelompok perlakuan setelah diberikan ekstrak etanol daun benalu mangga dibandingkan dengan kelompok kontrol. Meskipun demikian, terjadi penurunan rata-rata persentase sel limfosit T CD8+CD28- setelah pemberian perlakuan pada semua dosis. Hasil analisis uji beda kadar IL-2 juga menunjukkan hasil yang tidak signifikan, namun terjadi peningkatan rata-rata kadar IL-2 setelah pemberian ekstrak etanol daun benalu mangga pada dosis 600 mg/kgBB walaupun menurun pada dosis 150 dan 300 mg/kgBB. Hasil uji korelasi tidak menunjukkan adanya korelasi bermakna antara dosis ekstrak etanol daun benalu mangga dengan persentase sel limfosit T CD8+CD28- dan juga kadar IL-2. Penelitian ini membuktikan bahwa ekstrak etanol daun benalu mangga mampu memperbaiki immunosenescence yang ditandai dengan penurunan persentase sel limfosit T CD8+CD28- dan peningkatan kadar IL-2 walaupun secara statistik tidak signifikan. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan waktu penelitian yang lebih panjang, yakni 15 minggu perlakuan serta menggunakan rentang dosis pendek, yakni 400, 500, dan 600 mg/kgBB. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa benalu mangga sebagai tanaman herbal memiliki potensi yang baik sebagai anti aging sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan secara khusus dan orang tua secara umum. "

Item Type: Thesis (Magister)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:43
Last Modified: 23 Feb 2022 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184666
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MARIA GABRIELA YUNIATI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item