Perancangan Interaksi Dan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penjualan Produk Pada Toko Teampolos Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Hcd)

Pramadanianto, Mohamad Rifky (2021) Perancangan Interaksi Dan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penjualan Produk Pada Toko Teampolos Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Hcd). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi informasi di zaman modern saat ini semakin berkembang pesat sehingga dapat memudahkan segala aktivitas manusia seperti contohnya berbelanja melalui situs web. Adanya situs web khusus berbelanja dapat memudahkan manusia dalam mencari atau membeli produk secara cepat dan dapat membantu pelaku usaha jual beli untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal. Melihat dari peluang yang dihasilkan dari perkembangan teknologi informasi tersebut sudah seharusnya pelaku usaha memanfaatkan momentum penggunaan media daring atau internet berbasis situs web. Salah satu contoh pelaku usaha yang bergerak di bidang pakaian adalah Teampolos. Teampolos merupakan toko retail pakaian yang proses penjualannya dilakukan melalui daring yaitu menggunakan Instagram dan Whatsapp, serta melalui luring untuk melayani transaksi dengan pelanggan secara langsung di toko. Dalam proses penjualannya terdapat kendala seperti pelanggan mencari produk yang ditampilkan melalui Instagram tidak selalu lengkap dan aktual, adanya keterbatasan waktu dalam melayani pelanggan di Whatsapp, dan rekap penjualan dilakukan secara manual. Untuk mengatasi kendala tersebut diusulkan solusi berupa sistem informasi berbasis situs web yang memiliki antarmuka pengguna sebagai pandangan pertama pengguna dalam menggunakannya dan bertujuan untuk membuat interaksi menjadi lebih sederhana dalam mencapai tujuan. Untuk merancang interaksi dan antarmuka pengguna digunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dengan pengujian usability dan kuesioner Single Ease Question (SEQ) sebagai penilaian kemudahan pengguna dalam pengujian, serta memilih 5 partisipan yaitu 2 sebagai administrator dan 3 sebagai pelanggan. Rancangan awal yang telah selesai dibuat selanjutnya diuji dengan pengujian usability dan kuesioner SEQ kepada partisipan yang telah ditentukan berdasarkan persona masing-masing. Setelah rancangan awal selesai pada tahap evaluasi akan masuk pada tahap perbaikan rancangan yang menghasilkan dua versi alternatif. Alternatif pertama sisi pelanggan memiliki nilai 6.36 sedangkan sisi administrator 6.53, sedangkan alternatif kedua sisi pelanggan memiliki nilai 6.6 dan sisi administrator 6.6. Sehingga pada rancangan alternatif kedua dapat dikatakan bahwa tugas yang diberikan sedikit lebih mudah untuk dikerjakan oleh partisipan.

English Abstract

Information technology in modern times is currently growing rapidly so that it can facilitate all human activities such as shopping through websites. The existence of a special shopping website can make it easier for humans to find or buy products quickly and can help buying and selling business actors to get maximum profit. Looking at the opportunities resulting from the development of information technology, business actors should take advantage of the momentum of using online media or web-based internet. One example of a business actor engaged in the clothing sector is Teampolos. Teampolos is a clothing retail store whose sales process is carried out online, namely using Instagram and Whatsapp, as well as offline to serve transactions with customers directly at the store. In the sales process there are obstacles such as customers looking for products displayed via Instagram that are not always complete and actual, there is limited time in serving customers on Whatsapp, and sales recap is done manually. To overcome these obstacles, a solution is proposed in the form of a website-based information system that has a user interface as the user's first glance in using it and aims to make interactions simpler in achieving goals. To design interactions and user interfaces, a Human Centered Design (HCD) approach was used with usability testing and a Single Ease Question (SEQ) questionnaire as an assessment of user convenience in testing, and chose 5 participants, namely 2 as administrators and 3 as customers. The initial design that has been completed is then tested with usability testing and SEQ questionnaires to participants who have been determined based on their respective personas. After the initial design is completed at the evaluation stage, it will enter the design improvement stage which produces two alternative versions. The first alternative on the customer side has a value of 6.36 while the administrator side has a value of 6.53, while the second alternative on the customer side has a value of 6.6 and the administrator side 6.6. So that in the second alternative design it can be said that the given task is a little easier for participants to do.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:43
Last Modified: 23 Feb 2022 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184639
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohamad Rifky Pramadanianto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item