Pola Konsumsi Masyarakat Urban: Studi Deskriptif Pecinta Denim Dalam Komunitas Denim Enthusiasts

Wijaya Kusumawardani, Atikah (2021) Pola Konsumsi Masyarakat Urban: Studi Deskriptif Pecinta Denim Dalam Komunitas Denim Enthusiasts. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunitas Denim Enthusiasts merupakan salah satu komunitas yang berisi para pecinta denim dari seluruh Indonesia. Komunitas ini dapat diikuti oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Objek utama yang ada di dalam komunitas ini ialah hasil produksi celana raw denim baik merek lokal ataupun merek luar. Seperti merek Oldblue, Aye & Co, Mischief, Wingman, Sage, PMP, dan masih banyak lagi. Dalam komunitas yang bermayoritaskan laki-laki muda ini dapat dengan bebasnya mengkonstruksikan identitas guna mencapat tujuan gaya hidup dengan cara berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola konsumsi yang terbentuk dari adanya pasar dan konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu para denimhead berhasil membentuk dan memiliki identitas yang tidak dapat dirasakan di komunitas fashion lain. Identitas tersebut berupa eksklusivitas yang menjadikan mereka berbeda dari anggota atau komunitas lain. Konstruksi identitas ini lah yang dapat mempertahankan posisi sosial para denimhead di tengah-tengah pencarian jati diri kawula muda pada masyarakat urban

English Abstract

The Denim Enthusiasts community is a community that contains denim lovers from all over Indonesia. This community can be followed by anyone, both men and women. The main object in this community is the production of raw denim pants, both local and foreign brands. Such as Oldblue, Aye & Co, Mischief, Wingman, Sage, PMP, and many more brands. In this community, which is dominated by young men, they can freely construct their identities in order to achieve lifestyle goals through consumptive behavior. This study aims to describe consumption patterns that are formed from the existence of markets and consumers. In this study using a qualitative approach with descriptive research methods. The result of this study is that denimheads have succeeded in forming and having an identity that cannot be felt in other fashion communities. This identity is in the form of exclusivity that makes them different from other members or communities. It is this identity construction that can maintain the social position of denimheads in the midst of searching for identity among young people in urban society

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:58
Last Modified: 14 Oct 2024 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184593
[thumbnail of ATIKAH WIJAYA KUSUMAWARDANI_unlocked (1).pdf] Text
ATIKAH WIJAYA KUSUMAWARDANI_unlocked (1).pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item