Safira Salsabila, Annuri (2021) Kemampuan Pembelajar Bahasa Jepang Dalam Melafalkan Bunyi Panjang Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Terdapat beberapa kosakata bahasa Jepang yang jika didengar sekilas pelafalannya mirip namun ternyata dalam segi penulisan dan arti berbeda. Seperti bunyi panjang pada kosakata いいます (iimasu) yang artinya “mengatakan” dan bunyi pendek pada kosakata います(imasu) yang artinya “ada”. (Sutedi, 2008:6). memperhatikan pelafalan sangat penting karena panjang pendek serta intonasi suatu kosakata digunakan sebagai pembeda makna. Jika tidak diperhatikan akan berdampak bagi kemampuan berbahasa Jepang pembelajar bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pembelajar bahasa Jepang khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya dalam melafalkan bunyi panjang bahasa Jepang. Penelitian kualitatif deskriptif dengan desain deskriptif analisis digunakan pada penelitian ini. Data penelitian ini berupa pelafalan kosakata yang memiliki bunyi panjang yang diperoleh dari hasil rekaman suara dari 15 responden dan angket. Selanjutnya rekaman suara dan angket tersebut dianalisis berdasarkan kategori kemampuan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 responden, total 10 responden atau 67% dari total responden memiliki kemampuan yang sangat baik, 4 responden atau 30% dari total responden memiliki kemampuan yang baik, dan 2 responden atau 13% dari total responden memiliki kemampuan yang cukup dalam melafalkan bunyi panjang. Kesulitan paling sering terjadi ditemukan pada kosakata yang memiliki dua bunyi panjang
English Abstract
-
Other obstract
サルサビラ、アヌリ サフィラ。2021。長音における日本語学習者の能力。日本語 教育学科、ブラウィジャヤ大学。指導教官:リク フェブリヤンティ キーワード:発音、長音 書き方や意味が違うが、発音は似ている日本語の言葉がある。たとえば長音「いい ます」と短音「います」。ステディ(ステディ、2008:6)語彙の長短とかイントネーションが意 味の差別として使用されるため、発音に注意を使うことは重要だ。注意しないと、日本語学 習者の能力に影響がする。本研究は、ブラウィジャヤ大学の日本語教育の学生間の長音の 発音を決定することが目的としている。 この研究は定性的記述法を使用しており、データは 15 人の回答者の録音とアンケ ートから得られた長音の発音。さらに、録音とアンケートは、回答者の能力に基づいて分析 された。 その結果、15 人の回答者のうち、合計 10 人の回答者、または全回答者の 63% が、「非常に優れた」能力を持っていた。次に合計 3 人の回答者、または全回答者の 30% が「良い」能力を持っていた。最後に合計 2 人の回答者、または全回答者の 13%が長音に おける「十分」能力を持っていた。最も困難なのは、2つの長音のある語彙であることだ
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:30 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184575 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annuri Safira Salsabila.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |