Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Pembacaan Meter Pascabayar di PT PLN (Persero) UP3 Malang

Firdaus, Muhammad Indra (2021) Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis Pembacaan Meter Pascabayar di PT PLN (Persero) UP3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT PLN (Persero) UP3 Malang adalah salah satu unit bisnis PLN yang memiliki kewajiban untuk melayani calon pelanggan dan masyarakat yang berhubungan dengan penjualan tenaga listrik. Pembacaan meter pascabayar merupakan salah satu proses bisnis yang penting di PT PLN (Persero) UP3 Malang. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi dalam proses bisnis pembacaan meter pascabayar antara lain kesalahan ketika memasukkan data, pelanggan masuk RBM (Rute Baca Meter) yang tidak sesuai, kesalahan dalam pembacaan meter, serta kesulitan dalam melakukan pembacaan meter karena rumah tutup atau pagar terkunci yang mengakibatkan kerugian bagi PLN karena tidak mendapat hasil perhitungan yang akurat. Oleh sebab itu, perlu dilakukan evaluasi pada proses bisnis pembacaan meter pascabayar untuk menilai apakah proses bisnis pembacaan meter pascabayar sudah sesuai dengan indikator kinerja dalam proses bisnis pembacaan meter pascabayar. Untuk mengevaluasi proses bisnis tersebut, dilakukan identifikasi akar masalah pada proses bisnis pembacaan meter pascabayar dengan menggunakan teknik 3 x 5 Whys. Setelah itu pada aktivitas yang bermasalah diberikan rekomendasi dengan menggunakan 12 streamlining tool yang terdapat dalam metode Business Process Improvement (BPI). Proses bisnis hasil rekomendasi kemudian disimulasikan dan dibandingkan dengan proses bisnis saat ini untuk melihat rata-rata waktunya. Hasil simulasi menunjukkan bahwa terdapat penurunan pada waktu rata-rata sebesar 4 jam 8 menit 18 detik atau 3,26% sehingga dapat dikatakan bahwa perbaikan pada proses bisnis pembacaan meter pascabayar dapat menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam proses bisnis tersebut.

English Abstract

PT PLN (Persero) UP3 Malang is one of the PLN business units which has the obligation to serve prospective customers and the public related to the sale of electricity. Postpaid meter reading is one of the important business processes at PT PLN (Persero) UP3 Malang. There are several problems that occur in the postpaid meter reading business process, including errors when inputting data, customers included in incorrect meter reading route, errors in meter reading, and difficulties in taking meter readings because the house is closed or the fence is locked which results in losses for PLN because they do not get accurate calculation results. Therefore, it is necessary to evaluate the postpaid meter reading business process to assess whether the postpaid meter reading business process is appropriate with performance indicators in the postpaid meter reading business. To evaluate the business process, the root cause of the problem in the postpaid meter reading business process was identified using the 3 x 5 Whys technique. After that, for problematic activities, recommendations are given using the 12 streamlining tools contained in the Business Process Improvement (BPI) method. The recommended business process is then simulated and compared with the current business process to see the average time. The simulation results show that there is a decrease in the average time of 4 hours 8 minutes 18 seconds or 3.26% so it can be said that improvements in postpaid meter reading business process can solve the problems contained in the business process

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: proses bisnis, BPMN, 3 X 5 Whys, BPI, business process, BPMN, 3 X 5 Whys, BPI
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username santoso
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:51
Last Modified: 01 Mar 2022 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184573
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD INDRA FIRDAUS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item