Wardana, Mei Mukti (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Peralatan Multimedia Berbasis Augmented Reality Dengan Outfit Marker Di Smk Hayam Wuruk Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"Terdapat keterbatasan dalam mengakses alat peraga peralatan multimedia karena kondisi pandemi yang diberlakukan pembelajaran secara jarak jauh atau daring pada SMK Hayam Wuruk Mojokerto. Padahal tidak semua siswa memiliki alat peraga untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Maka dari itu dibuatlah aplikasi Android yang berbasis augmented reality untuk memberikan gambaran alat peraga secara nyata. Penelitian ini menggunakan model waterfall dan Unified Modelling Language (UML) ketika melakukan perancangan pada aplikasi Android berbasis augmented reality. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Unity dan Vuforia untuk menghasilkan aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia berbasis augmented reality dengan outfit marker. Pengujian aplikasi Android berbasis augmented reality dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut layak untuk digunakan dengan menggunakan dua teknik yaitu black box testing dan usability testing. Validasi media aplikasi dilakukan oleh ahli media, guru dan siswa menggunakan usability testing dan skala likert 1-5 melalui kuesioner atau angket. Pengujian usability testing yang telah diuji oleh ahli media, guru multimedia dari SMK Hayam Wuruk Mojokerto dan siswa kelas X-MM-1 multimedia dari SMK Hayam Wuruk Mojokerto menunjukkan bahwa aplikasi ini termasuk kriteria ""Baik"" untuk dijadikan sebagai tambahan media pembelajaran. Dari hasil pengujian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa aplikasi Android media pembelajaran peralatan multimedia berbasis augmented reality dengan outfit marker dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, augmented reality, Android, waterfall, black box testing, usability testing."
English Abstract
There are limitations in accessing multimedia equipment props due to the pandemic conditions imposed by distance or online learning at SMK Hayam Wuruk Mojokerto. Even though not all students have teaching aids to be used as learning media. Therefore, an augmented reality-based Android application was created to provide a real picture of the props. This study uses the waterfall model and Unified Modeling Language (UML) when designing an augmented reality-based Android application. The development was carried out using Unity and Vuforia to produce an augmented reality Based Learning Media Development of Multimedia Equipment with Outfit Marker. Augmented reality based Android application testing is carried out to determine whether the application will have minimal errors or is feasible to use by using two techniques, namely black box testing and usability testing. Validation of media application is carried out by media expert, teacher and students using usability testing and a Likert scale of 1-5 through a questionnaire. Usability testing that has been tested by media experts, multimedia teachers from SMK Hayam Wuruk Mojokerto and students of multimedia class from SMK Hayam Wuruk Mojokerto shows that this application has "Good" criteria to be used as additional learning media. From the test results, it can be concluded that the augmented reality Based Learning Media Development of Multimedia Equipment with Outfit Marker can be said to be suitable for use as learning media
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:45 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184561 |
Text
MEI MUKTI WARDANA.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |