Colorism dalam Iklan Produk Perawatan Kulit Indonesia: Analisis Wacana Multimodal

Prameswari Wijayanti, Anggarani (2021) Colorism dalam Iklan Produk Perawatan Kulit Indonesia: Analisis Wacana Multimodal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan diyakini sebagai cara paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Produk kecantikan merupakan salah satu jenis iklan yang banyak diminati oleh pelanggan khususnya wanita. Dilakukan dengan teori Multimodal Discourse Analysis menurut Jones (2012), penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi wacana dalam iklan produk Skincare di Indonesia dan mendeskripsikan makna Colorism yang terdapat dalam iklan produk Skincare di Indonesia. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa teks verbal yang umum digunakan dalam iklan produk perawatan kulit adalah kata sifat “cerah” dan kata kerja “mencerahkan”. Selanjutnya, pada fitur visual, data dianalisis melalui tiga fungsi Jones (2012), yaitu fungsi ideasional, fungsi interpersonal, dan fungsi tekstual. Dalam fungsi ideasional, terdapat banyak proses tindakan, transaksional. Terakhir, hasil pemaknaan Colorism dalam iklan produk perawatan kulit menunjukkan bahwa banyak wanita di Indonesia yang ingin memiliki kulit cerah karena kulit cerah dianggap sebagai warna kulit terbaik di atas semua warna kulit. Penelitian ini mencoba memberikan wawasan kepada peneliti selanjutnya yang tertarik pada bidang kebahasaan, khususnya analisis wacana multimodal yang berhubungan dengan teks verbal, elemen visual danmakna Colorism yang direpresentasikan dalam iklan produk perawatan kulit Indonesia. Pembaca umum dapat memperkaya pengetahuan tentang bagaimana wacana dalam iklan produk Skincare Indonesia dikonstruksi secara verbal dan visual serta makna Colorism yang tergambar dalam iklan tersebut

English Abstract

Advertisement is believed as the most effective way to communicate to customers. Beauty product is one of type of advertisements which attract so many customers especially women. Conducted under the theory of Multimodal Discourse Analysis by Jones (2012), this study adopts descriptive qualitative approach to analyze the data. The study aims to find out the discourse construction in Indonesian Skincare products advertisements and to describe the meaning of Colorism represented in Indonesian Skincare products advertisements. Based on the data analysis, the finding shows that the verbal texts commonly used in three brands of skincare product advertisement is adjective of “bright” and the verb of “brighten”. Then, in the visual features, the data are analyzed through Jones’ (2012) three functions which are ideational function, interpersonal, and textual function. Finally, the results of Colorism depicted from Emina Bright Stuff, Wardah White Secret, and Sariayu Putih Langsat shows that those beauty products defined the concept of beauty for Indonesian woman is by having bright or white skin. This present study tries to provide insight to future researchers who are interested in the field of linguistic, especially multimodal discourse analysis dealing with verbal text, visual element and the meaning of Colorism represented in Indonesian skincare product advertisement. General readers can enrich their knowledge on how discourse in Indonesian Skincare products ads constructed verbally and visually and the meaning of Colorism is portrayed in the ads

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:09
Last Modified: 09 Oct 2024 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184560
[thumbnail of Anggarani P Wijayanti.pdf] Text
Anggarani P Wijayanti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item