Pengembangan Kecerdasan Buatan Objek Npc Pada Micro-Games: Karting Menggunakan Finite State Machine Unity

Ghifari H., M.Azzam Al- (2021) Pengembangan Kecerdasan Buatan Objek Npc Pada Micro-Games: Karting Menggunakan Finite State Machine Unity. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Pengembangan gim adalah sebuah proses pengembangan gim, yang mana proses tersebut memiliki banyak cara, salah satunya melalui game engine. Game Engine adalah sebuah media atau tool untuk mengembangakan gim tanpa harus mengembangkan fungsional-fungsional landasan dari awal, karena game engine sudah menyediakan fungsionalitas-fungsionalitas yang pengembang bisa pahami dan gunakan. Game Engine Unity menyediakan templat sebagai landasan awal pengembangan gim untuk mempercepat proses pengembangan gim. Salah satu templat gim adalah templat Micro-Games: Karting yang bisa diunduh pada situs Asset Store Unity. Templat ini sudah memiliki aset yang langsung bisa digunakan, namun dalam templat tersebut belum terdapat sebuah artificial intelligence (AI) yang bisa digunakan oleh non-playable character (NPC). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka akan dikembangkan kecerdasan buatan untuk NPC dengan metode pembuat keputusan Finite State Machine pada Unity. Kecerdasan buatan yang dikembangkan adalah representasi perilaku pembalap pada balapan di dunia nyata. Kecerdasan buatan yang dikembangkan diuji dengan dua jenis pengujian yaitu pengujian fungsional dengan metode black box dan pengujian performansi. Hasil pengujian fungsional menunjukkan bahwa kecerdasan buatan yang dikembangkan untuk NPC menggunakan metode Finite State Machines bekerja sangat baik, dan hasil pengujian performansi yang ditunjukkan oleh NPC pada saat dijalankan memiliki performa yang cukup baik terkait dengan kapabilitas untuk menghindari tabrakan."

English Abstract

Video game development is a process of making a video game through many ways, and one of them is through game engine. Game engine is a tool to develop a video game without building its foundation first, because in many game engine, there is already many function that developer can easily understand and use. One of the most used and most popular game engine is Unity. Unity can provide a way to develop a video game through a template that fasten the development process. One of this template is Micro-Games Karting that can be downloaded directly at Asset Store Unity. This template already has many assets that developer can use, but there is still not available artificial intelligence to use for the non-playable character (NPC) model. To overcome the said problem, therefore the development of airtificial intelligence employing Finite State Machine decision making method is being developed. The artificial intelligence is a representation of the behavior of the drivers in racing in the real world. The artificial intelligence is tested with two type of tests, namely functional testing with the black box method and performance testing. The functional test results show that the artificial intelligence developed for NPCs using the Finite State Machines method works very well, and the performance test results shown by the NPCs when run have a fairly good performance related to the ability to avoid collisions.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:47
Last Modified: 01 Oct 2024 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184529
[thumbnail of M AZZAM ALGHIFARI H.pdf] Text
M AZZAM ALGHIFARI H.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item