Jannah, Khoirun Nisa Naimatul (2021) "Perbaikan Design Antarmuka Sistem Informasi Manajemen Layanan Konsultasi Bantuan Hukum Pada Lembaga Bantuan Hukum Surabaya Pos Malang Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design (Hcd) (Studi Kasus: Lembaga Bantuan Hukum Surabaya Pos Malang)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma- cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Metode Human Centered Design (HCD) merupakan suatu framework untuk mengembangkan interractive system yang bertujuan untuk membuat sistem yang kegunaannya berfokus pada keinginan pengguna, serta di dalamnya terdapat identifikasi kebutuhan, evaluasi, pemberian solusi dengan menerapkan faktor manusia dan pengetahuan usability beserta tekniknya. Kelompok pengguna dalam penelitian ini ialah masyarakat yang ingin berkonsultasi dan ingin mendapatkan pelayanan mengenai bantuan hukum dari pihak lembaga bantuan hukum, karena fokus penelitian ini ialah fitur-fitur sistem layanan konsultasi dan bantuan hukum sebagai informasi utama. Hasil pengujian usability akhir enam responden dapat mengerjakan delapan tugas tersebut dengan waktu 3 menit sampai 5 menit dengan tidak adanya kegagalan atau permasalahan lagi pada pengerjaan tersebut dan dibandingkan dengan pengujian usability awal responden rata-rata waktu mengerjakan tugas 7 menit sampai 8 menit. Evaluasi menggunakan usability testing dapat dikembangkan lagi dengan menguji aspek-aspek usability lainnya agar meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari prototipe tersebut Kata Kunci: Bantuan Hukum, Human Centered Design (HCD), Pengguna, Usability Testing"
English Abstract
Legal aid is legal services provided by legal aid providers free of charge to legal aid recipients. The Human-Centered Design (HCD) method is a framework for developing an interactive system that aims to create a system whose use focuses on user desires and includes identification of needs, evaluation, provision of solutions by applying human factors and usability knowledge and techniques. The user group in this study are people who want to be consulted and want to get services regarding legal aid from legal aid agencies because the focus of this research is the features of the legal aid and consultation service system as the main information. The results of the final usability test of six respondents were able to do the eight tasks within 3 minutes to 5 minutes with no failures or problems in the process and compared with the initial usability test respondents the average time to work on the task was 7 minutes to 8 minutes. Evaluation using usability testing can be further developed by testing other aspects of usability to increase the effectiveness and efficiency of the prototype
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184482 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
KHOIRUNNISANAIMATULJANNAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (16MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |