PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN APLIKASI PENTUNGAN (PENGINGAT JANTUNG ANDA) DISERTAI DENGAN FOLLOW-UP TERHADAP SELF-CARE PADA PASIEN GAGAL JANTUNG

Sahara Baiduri, Nurita (2021) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN APLIKASI PENTUNGAN (PENGINGAT JANTUNG ANDA) DISERTAI DENGAN FOLLOW-UP TERHADAP SELF-CARE PADA PASIEN GAGAL JANTUNG. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Baiduri, Nurita Sahara. 2021. Pengaruh Edukasi Menggunakan Aplikasi Pentungan (Pengingat Jantung Anda) Disertai dengan Follow-up terhadap Self-care pada Pasien Gagal Jantung. Tugas Akhir, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Pembimbing: (1) Alfrina Hany. S.Kp., MNg. (AC) (2) Ns. Bintari Ratih Kusumaningrum, S.Kep., M.Kep. Edukasi adalah proses interaktif untuk meningkatkan pengetahuan melalui praktik tertentu. Follow-up setelah edukasi dilakukan untuk memastikan program edukasi yang telah dilakukan dapat tercapai. Edukasi self-care dan follow-up bertujuan untuk menambah keterampilan individu dalam melakukan self-care. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan aplikasi “PENTUNGAN” (pengingat jantung Anda) disertai follow-up terhadap self-care pada pasien gagal jantung. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment menggunakan pretest-posttest. Responden sejumlah 30 orang yang dipilih dengan metode simple random sampling dari pasien gagal jantung di puskesmas Janti dan Kendalkerep, Kota Malang. Data dianalisis menggunakan uji T. Hasil penelitian setelah dilakukan eduaksi dan follow-up adalah 58,53 (kelompok kontrol) dan 68,00 (kelompok intervensi). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ada perbedaan self-care pasien gagal jantung setelah dilakukan edukasi dan follow-up pada kelompok kontrol dan intervensi dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Pengetahuan yang adekuat dapat membantu pasien untuk melakukan self-care yang adekuat pula. Lalu follow-up secara kontinyu dapat berfungsi sebagai pengingat yang dapat meningkatkan kepatuhan self-care pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan self-care pada pasien gagal jantung sebelum dan setelah dilakukan edukasi menggunakan aplikasi PENTUNGAN (Pengingat Jantung Anda) disertai dengan follow-up pada kelompok kontrol dan intervensi. Saran bagi perawat agar melakukan edukasi dan follow-up ke pasien gagal jantung sehingga pasien lebih memiliki kesadaran untuk menerapkan self-care.                    Kata kunci: edukasi, follow-up, self-care, gagal jantung "

English Abstract

Education is an interactive process to increase knowledge through certain practices. Follow-up after education is an activity to ensure that the educational program that has been carried out can be achieved. Self-care education and follow-up aims to improve individual's skills in self-care. This study aims to determine the effect of education using a “PENTUNGAN” application (your heart reminder) following by follow-up on self-care in heart failure patients. This is a true experimental study using pretest-posttest design. Respondents were 30 people who were selected by simple random sampling method from heart failure patients in the Janti and Kendalkerep health centers, Malang. Data were analyzed using T test. The results after education and follow-up were 58.53 (control group) and 68.00 (intervention group). From these results, it can be seen that there are differences in self-care of heart failure patients after the educational intervention and follow-up in the control and intervention groups with value of 0.000 (p < 0.05). Adequate knowledge can help patients to perform adequate self-care as well. And continuous follow-up can serve as a reminder that can improve patient self-care compliance. The conclusion from the results of the study was that there was a difference in self-care in heart failure patients before and after education using a “PENTUNGAN” application (your heart reminder) following by follow-up in the control and intervention groups. Suggestions for nurses to provide education and follow-up to heart failure patients so that patients have more awareness to apply self-care. Keywords: education, follow-up, self-care, heart failure

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052106
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: agung
Date Deposited: 20 Oct 2021 22:57
Last Modified: 23 Feb 2022 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184456
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NURITA SAHARA BAIDURI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item