Alfian, Kharis (2021) Pengembangan Desain Antarmuka E-Learning Pemrograman Menggunakan Metode Rekayasa Kansei. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi e-Learning telah banyak dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran oleh berbagai organisasi dan institusi pendidikan, salah satunya pada pembelajaran pemrograman. Sebagai salah satu penyusun teknologi e-Learning, antarmuka pengguna memiliki peranan penting sebagai sarana utama akses interaksi antara sistem dengan pembelajar yang dapat mempengaruhi motivasi, hasil belajar, dan kondisi emosional. Selain itu melalui penelitian Hadiana (2020) diketahui banyak produk e-Learning telah dikembangkan dengan teknologi yang lebih maju, namun kurang memperhatikan aspek emosional dalam pengembangannya sehingga tidak mampu memenuhi selera pembelajar dan berdampak pada kenyamanan, masa usia, dan keberhasilan penggunaan e-Learning. Karena latar belakang tersebut dilakukan penelitian untuk menemukan gambaran desain antarmuka pengguna e-Learning pemrograman sesuai dengan konsep emosi pembelajar menggunakan metode Rekayasa Kansei sehingga antarmuka e-Learning yang dikembangkan dapat memenuhi selera, memperpanjang usia pemakaian e-Learning, dan mampu memberikan kenyamanan pengguna pada proses belajar pemrograman. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa antarmuka yang dikembangkan menggunakan Rekayasa Kansei mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan sesuai konsep emosi pembelajar dibuktikan dari umpan balik pengguna dan juga pengujian usabilitas terhadap aspek effectiveness sebesar 93,125%, efficiency sebanyak 0,3 goal/detik, dan aspek satisfaction menggunakan kuesioner System Usability Scale dengan skor 76 yang berarti baik dan acceptable.
English Abstract
-Teknologi e-Learning telah banyak dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran oleh berbagai organisasi dan institusi pendidikan, salah satunya pada pembelajaran pemrograman. Sebagai salah satu penyusun teknologi e-Learning, antarmuka pengguna memiliki peranan penting sebagai sarana utama akses interaksi antara sistem dengan pembelajar yang dapat mempengaruhi motivasi, hasil belajar, dan kondisi emosional. Selain itu melalui penelitian Hadiana (2020) diketahui banyak produk e-Learning telah dikembangkan dengan teknologi yang lebih maju, namun kurang memperhatikan aspek emosional dalam pengembangannya sehingga tidak mampu memenuhi selera pembelajar dan berdampak pada kenyamanan, masa usia, dan keberhasilan penggunaan eLearning. Karena latar belakang tersebut dilakukan penelitian untuk menemukan gambaran desain antarmuka pengguna e-Learning pemrograman sesuai dengan konsep emosi pembelajar menggunakan metode Rekayasa Kansei sehingga antarmuka e-Learning yang dikembangkan dapat memenuhi selera, memperpanjang usia pemakaian e-Learning, dan mampu memberikan kenyamanan pengguna pada proses belajar pemrograman melalui e-Learning. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa antarmuka yang dikembangkan menggunakan Rekayasa Kansei mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan sesuai konsep emosi pembelajar dibuktikan dari umpan balik pengguna dan juga pengujian usabilitas terhadap aspek efektivitas sebesar 93,125%, efisiensi sebanyak 0,3 goals/detik, dan aspek kepuasan menggunakan kuesioner System Usability Scale dengan skor 76 yang berarti baik dan acceptable.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:48 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184454 |
![]() |
Text
KHARIS ALFIAN.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |