Analisis Pengaruh Peserta Didik, Pendidikan, Dan Lingkungan Terhadap Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Peserta Didik Smk Bhakti Anindya Kota Tangerang)

Ukur, Jofy Eljabar (2021) Analisis Pengaruh Peserta Didik, Pendidikan, Dan Lingkungan Terhadap Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Peserta Didik Smk Bhakti Anindya Kota Tangerang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan dampak yang besar bagi Indonesia khususnya dalam sistem pendidikan. Dampak dari adanya Covid-19 yang terjadi mengharuskan sekolah-sekolah di Indonesia khususnya SMK Bhakti Anindya mengubah sistem pembelajarannya dari sistem pembelajaran luring menjadi daring. Berubahnya sistem pengajaran dari pembelajaran dengan sistem luring (offline) ke pembelajaran dengan sistem daring yang dilakukan oleh sekolah tentunya memicu banyak persoalan. Dalam metode pembelajaran daring, siswa diharuskan untuk belajar secara mandiri. Hal ini dikarenakan pembelajaran daring berpusat pada siswa, sehingga siswa harus memiliki sikap tanggung jawab dan otonomi dalam belajar. Selain itu dalam sisi pendidik, pembelajaran daring juga memiliki tantangan tersendiri. Pembelajaran yang terpisah antara murid dan guru menyebabkan guru tidak bisa memantau proses belajar siswa secara langsung seperti apa yang mereka lakukan sebelumnya dalam pembelajaran luring. Pada penelitian kali ini, penulis menguji bagaimana pengaruh peserta didik, pendidik dan lingkungan terhadap efektifitas metode pembelajaran dengan menggunakan metode daring maupun metode luring di SMK Bhakti Anindya Kota Tangerang. Dalam penelitian ini, penulis melakukan observasi, wawancara serta membagikan kuesioner untuk mengumpulkan data prime. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teknik sampel jenuh dalam proses pengambilan data dengan jumlah responden 30 siswa dari kelas XI Multimedia SMK Bhakti Anindya. Untuk mengolah data digunakan uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi, uji korelasi product moment, dan uji regresi linier sederhana. Setelah mengolah data, penulis mendapatkan hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh parsial antara media pembelajaran daring terhadap peserta didik dengan nilai ℎ 7,787 > 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (2) ada pengaruh parsial antara media pembelajaran daring terhadap pendidik dengan nilai ℎ 15,273 > 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) ada pengaruh parsial antara media pembelajaran luring terhadap peserta didik dengan nilai ℎ 8,991 > 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (4) tidak ada pengaruh parsial antara media pembelajaran luring dengan pendidik dengan nilai ℎ -0,404 > 2,048 dan nilai signifikansi 0,690 < 0,05.

English Abstract

The emergence of the Covid-19 pandemic in Indonesia has had a major impact on Indonesia, especially in the education system. The impact of the Covid-19 that occurred requires schools in Indonesia, especially SMK Bhakti Anindya to change their learning system from an offline learning system to an online one. The change in the teaching system from offline learning to online learning carried out by schools certainly triggers many problems. In the online learning method, students are required to study independently. It’s because online learning is student-centered, so students must have an attitude of responsibility and autonomy in learning. In addition, from the educator side, online learning also has its own challenges. Separate learning between students and teachers causes teachers to not be able to monitor student learning processes directly like what they did before in offline learning. In this study, the authors examine how the influence of students, educators and the environment on the effectiveness of learning methods using online and offline methods at Bhakti Anindya Vocational School, Tangerang City. This research was conducted in several ways, including conducting observations, interviews, and distributing questionnaires to collect prime data. This study uses a sampel jenuh technique in the data collection process with the number of respondents 30 students from class XI Multimedia SMK Bhakti Anindya. For data processing, this study uses partial tests (tests), coefficient of determination tests, product moment correlation tests, and simple linear refression tests. After processing the data, this study gave the following results: (1) there is a partial effect between online learning media on students with a value of 7,787 > 2,048 and a significance value of 0.000 < 0.05 (2) there is a partial influence between online learning media on educators with a value of 15.273 > 2.048 and a significance value of 0.000 < 0.05 (3) there is a partial effect between offline learning media on students with a value of 8.991 > 2.048 and a significance value of 0.000 < 0.05 (4) there is no effect partial between offline learning media and educators with a value of -0.404 > 2.048 and a significance value of 0.690 <0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran: online learning method, offline learning method, students, educatorsdaring, Metode pembelajaran luring, peserta didik, pendidik., online learning method, offline learning method, students, educators
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 011 Bibliobraphies and catalogs
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:49
Last Modified: 24 Feb 2022 06:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184449
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jofy Eljabar Ukur.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item