Hyper Sheets: Aplikasi E-Learning untuk Pembelajaran HTML dan CSS dengan Menerapkan Konsep Gamification berbasis Web

Mufarrih, Ivqonnada Al (2021) Hyper Sheets: Aplikasi E-Learning untuk Pembelajaran HTML dan CSS dengan Menerapkan Konsep Gamification berbasis Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Massive Open Online Course (MOOC), yang dulu diperkirakan akan merevolusi dunia pendidikan, tidak terjadi sesuai yang diharapkan. Pendaftar MOOC yang bertahan hinga akhirnya menyelesaikan kursus sangatlah rendah, hanya sekitar 2-11% dari total pendaftar. Setelah diteliti, motivasi pendaftar berperan signifikan untuk menjaga pendaftar tetap mengikuti kursus yang diberikan hingga tuntas. Gamification hadir sebagai solusi atas permasalahan ini, sebuah konsep yang menerapkan elemen game pada sesuatu yang bukan game untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta, dalam konteks penelitian ini, yaitu pada pembelajaran. Berdasarkan data dari Bureau of Labor Statistic di Amerika, pekerjaan Web Developer diproyeksikan naik sebesar 8% atau sekitar 14.000 lapangan kerja baru melebihi rata-rata pekerjaan lainnya pada Tahun 2019-2029. World Wide Web Consortium pun mengatakan HTML dan CSS merupakan teknologi utama dalam membuat web. Menanggapi permasalahan ini, dibuatkan aplikasi e-learning untuk pembelajaran HTML dan CSS dengan menerapkan konsep gamification, yang akhirnya diberi nama Hyper Sheets ini. Harapannya, aplikasi ini dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan motivasi pemelajar. Tiga fitur utama dari aplikasi ini, yaitu materi interaktif, latihan, dan tantangan. Dalam melakukan pengembangan aplikasi ini, digunakan model waterfall yang akhirnya mendapatkan 13 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non-fungsional. Adapun pengujian yang dilakukan terhadap kebutuhan fungsional, yaitu pengujian unit dengan teknik white box testing dan pengujian integrasi beserta pengujian validasi dengan teknik black box testing. Pengujian fungsional ini mendapatkan hasil 100% valid. Pada pengujian non-fungsional, yaitu pengujian usability, menggunakan metode SUS yang akhirnya menghasilkan skor 81,55. Skor ini termasuk dalam kategori Acceptable, yaitu dapat diterima oleh pengguna aplikasi.

English Abstract

-The Massive Open Online Course (MOOC), which was supposed to revolutionize the world of education, did not happen as expected. MOOC registrants who survive to complete the course are very low, only around 2-11% of the total registrants. After being researched, the registrant's motivation plays a significant role in keeping the registrant following the given course to completion. Gamification is present as a solution to this problem. Gamification is a concept that applies game elements to something that is not a game to increase participants' motivation and engagement. In the context of this research, it applies to learning. Based on data from the Bureau of Labor Statistics in America, Web Developer jobs are projected to increase by 8% or about 14,000 new jobs, exceeding the average for other jobs in 2019-2029. The World Wide Web Consortium also said that HTML and CSS are the core technologies in creating the web. In response to this problem, an e-learning application was created for learning HTML and CSS by applying the concept of gamification, which was eventually named Hyper Sheets. The hope is that this application can maintain or even increase student motivation. The three main features of this app are interactive materials, exercises, and challenges. In developing this application, the Waterfall model is used, which finally gets 13 functional requirements and 1 non-functional requirement. The tests were carried out on functional requirements, namely unit testing with white box testing techniques and integration testing along with validation testing with black box testing techniques. These functional requirement tests get 100% valid results. In nonfunctional testing, namely usability testing, using the SUS method ultimately resulted in a score of 81.55. This score belongs to the "Acceptable" category, which is satisfactory to the application users.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:52
Last Modified: 24 Sep 2024 09:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184444
[thumbnail of Ivqonnada Al Mufarrih.pdf] Text
Ivqonnada Al Mufarrih.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item