Pengembangan Aplikasi E-Order Service Berbasis Website Dengan Memanfaatkan Payment gateway (Studi Kasus : Hotel Lava View)

Kurniawan, Irwan (2021) Pengembangan Aplikasi E-Order Service Berbasis Website Dengan Memanfaatkan Payment gateway (Studi Kasus : Hotel Lava View). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hotel Lava View merupakan hotel non-bintang yang terletak di daerah wisata bromo tengger semeru tepatnya di daerah Jawa Timur Kabupaten Probolinggo. Hotel Lava View belum sepenuh nya menerapkan protokol kesahatan yang sesuai dengan standart (WTTC) salah satu contohnya adalah penggunaan buku menu yang tidak steril dan digunakan bergantian oleh beberapa pelanggan serta sistem pembayaran yang tidak mengharuskan pelanggan untuk melakukan transaksi secara digital dapat memicu penyebaran virus corona. Untuk mendukung kebijakan protokol kesehatan tersebut maka dibutuhkan inovasi dalam proses pemesanan makanan,inovasi yang dapat dilakukan dengan membuat sistem pemesanan melalui E-Order yang akan digunakan oleh pelanggan Hotel Lava View sehingga penggunaan buku menu tidak lagi di perlukan , serta sistem pembayaran yang akan dilakukan secara online melalui payment gateway yang akan terintegrasi dengan website pemesanan makanan. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode waterfall untuk bahasa pemrograman menggunakan PHP dan framework codeigniter . Proses pengembangan aplikasi dimulai dari analsis kebutuhan yang di modelkan ke dalam use case diagram, Use Case Scenario, serta activity diagram. Kemudian perancangan sistem dimodelkan ke dalam arsitektur sistem, sequence diagram, class diagram, physical data model, serta perancangan API. Selanjutnya implementasi sistem ditulis ke dalam user interface, implementasi database, serta implementasi kode program. Dan yang terakhir dilakukan pengujian mulai dari black box testing, compability testing, dan usability testing. Pada pengujian black box didapatkan hasil 100% menunjukan bahwa semua fitur pada Aplikasi E-Order Service dapat berjalan dengan baik. Pada pengujian compability didapatkan hasil bawah ada 3 permasalahan terbagi menjadi 1 “Major Issues” dan 2 “Minor Issues” yang terakhir pada pengujian usability dilakukan kepada 10 responden didapatkan skor rata rata 86, dengan kesimpulan “ACCEPTABLE” pada penilaian Acceptability Range mendapatkan nilai B pada “GRADE SCALE” dan “EXCELLENT” pada aspek adjectvie ratings.

English Abstract

-Lava View Hotel is a non-star hotel located in the Bromo Tengger Semeru tourist area, precisely in the East Java area, Probolinggo Regency. Hotel Lava View has not yet fully implemented standard health protocols (WTTC), one example is the use of unsterile menu books and used interchangeably by several customers as well as payment systems that do not require customers to make transactions digitally, which can trigger the spread of the corona virus. To support the health protocol policy, innovation is needed in the food ordering process, innovation that can be done by creating an ordering system via E-Order that will be used by Lava View Hotel customers so that the use of menu books is no longer needed, as well as a payment system that will be made automatically. online through a payment gateway that will be integrated with a food ordering website. This application was developed using the waterfall method for programming languages using PHP and the CodeIgniter framework. The application development process starts from requirements analysis which is modeled into use case diagrams, Use Case Scenarios, and activity diagrams. Then the system design is modeled into system architecture, sequence diagrams, class diagrams, physical data models, and API design. Furthermore, the system implementation is written into the user interface, database implementation, and program code implementation. And finally, testing is carried out starting from black box testing, compatibility testing, and usability testing. In black box testing, 100% results show that all features in the E-Order Service Application can run well. In the compatibility test, it was found that there were 3 problems divided into 1 "Major Issues" and 2 "Minor Issues" the last one in usability testing was carried out on 10 respondents, an average score of 86 was obtained, with the conclusion "ACCEPTABLE" in the Acceptability Range assessment got a B value at “GRADE SCALE” and “EXCELLENT” in the aspect of adjective ratings.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:52
Last Modified: 24 Feb 2022 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184443
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IRWAN KURNIAWAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item