Rohmah, Ifadhatur (2021) Evaluasi website Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dan System usability scale (SUS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"IAIN Jember merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki website, website tersebut digunakan sebagai sarana dalam menyebarkan informasi yang terkait profil kampus, kegiatan perkuliahan, dan pengumuman kampus. Saat penggunaan website ditemukan beberapa permasalahan usability salah satunya terdapat menu yang tidak berfungsi atau tidak menampilkan aksi. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka website IAIN Jember perlu dilakukan evaluasi dan adanya perbaikan terkait antarmuka yang melibatkan ketiga aspek usability menurut (ISO 9241-11 (1998)). Perbaikan akan dilakukan menggunakan metode Human Centered Design (HCD) dan Usability Testing yang terdiri dari effectiveness, efficiency dan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk satisfaction. Responden terdiri dari dua kelompok yaitu pihak yang berhubungan dengan IAIN Jember dan masyarakat secara umum. Adapun pada aspek effectiveness diperoleh peningkatan nilai sebesar 41,67% untuk pihak yang berhubungan dengan IAIN Jember dan 30% untuk masyarakat secara umum. Pada aspek efficiency untuk pihak yang berhubungan dengan IAIN Jember memperoleh peningkatan 68% sedangkan masyarakat secara umum memperoleh 58%. Selanjutnya aspek satisfaction yang menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) diberikan kepada 20 responden dan memperoleh peningkatan sebesar 39,85. Maka dari itu dapat diketahui jika solusi desain memiliki nilai usability yang lebih baik.
English Abstract
IAIN Jember is one of the universities that own a website, the website is used as a means of disseminating information related to campus profiles, lecture activities, and campus announcements. When using the website, we found several usability problems, one of which was a menu that didn't function or didn't display any action. Based on the conditions that occured, the IAIN Jember website requires evaluating and there are improvements related to the interface involving the three aspects of usability according to (ISO 9241-11 (1998)). Improvements will be made using the Human Centered Design (HCD) method and Usability Testing which consists of effectiveness, efficiency and a System Usability Scale (SUS) questionnaire for satisfaction. Respondents consisted of two groups, namely parties related to IAIN Jember and the general public. As for the effectiveness aspect, an increase in value was obtained by 41.67% for parties related to IAIN Jember and 30% for the general public. In the aspect of efficiency, parties related to IAIN Jember received an increase of 68% while the general public got 58%. Furthermore, the satisfaction aspect using the System Usability Scale (SUS) questionnaire was given to 20 respondents and obtained an increase of 39.85. Therefore, it is evident if the design solution has a better usability value
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:52 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 06:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184439 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
IFADHATUR ROHMAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |