Urip Iku Urup Falsafah Jawa Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis.

Joko Sudiro, Alif (2021) Urip Iku Urup Falsafah Jawa Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulis mengangkat Urip Iku Urup Falsafah Jawa sebagai ide penciptaan didapatkan setelah penulis mendapatkan ide dari pengalaman penulis sendiri. Dalam tugas akhir kali ini penulis mengunakan Urip Iku Urup yang merupakan Falsafah Jawa sebagai ide penciptaan dikarenakan Urip Iku Urup dapat menjadi perwakilan tentang keteguhan manusia dalam menjalani kehidupan. Pengunaan Falsafah Jawa yang sudah bisa dikatakan tradisi lisan di masa lampau yang telah menurun dari generasi ke generasi dianggap masih bisa diterapkan sebagai motivasi terhadap seni yang terkandung dalam kehidupan. Falsafah mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang optimis, orang yang optimis, biasanya lebih sukses dari orang yang pesimis, tidak ada usaha, banyak menuai kegagalan hidup. Optimisme akan masa depan tidak dibangun di atas harapan saja, akan tetapi harus dimulai dengan semangat pantang menyerah. Dalam menciptakan karya seni, penulis menggunakan tiga metode yaitu eksplorasi, perancangan serta perwujudan. Proses eksplorasi meliputi percairan ide dan konsep serta mencari sumber data sehingga muncul gagasan baru. Setelah muncul gagasan baru, masuklah ke dalam tahap perancangan dengan membuat sketsa dari objek yang sudah di metaforkan dari sebuah gagasan tersebut sehingga dapat tercipta sebuah inovasi baru.Tahap terakhir yaitu perwujudan yaitu tahap dimana penulis mengolah ide dan menciptakan karya dengan teknik melukis pada media kanvas. Hasil terakhir dari tahapan itu adalah terciptanya 7 karya menggunkan media lukis konvensional. Karya yang tercipta memiliki media yang sanggat beragam. Pada setiap karya menampilkan objek visual yang terinspirasi dari kehidupan penulis sendiri dengan dikombinasikan sedemikian rupa agar makna dapat tersampaikan. Penulis berharap terciptanya karya ini dapat memberikan motivasi dan sebagai pengingat untuk tetap menghargai diri sendiri dan semangat untuk menjalani hidup.

English Abstract

Writer raised urip urup if philosophy java as an idea obtained after the writer got the idea from the author himself .In the end this time writer use if urip urup philosophy java as an idea that is because if the urip urup can become the representatives of firmness man in a life .Java on use of philosophy which have been said in the past that the oral tradition has declined from generation to generation are still can be applied as motivation for the art contained in life. Personal philosophy taught us to be optimistic, the optimist, usually more success than a pessimist, no effort , many reap failure life. Optimism about the future not just built on hope, but they have to be unyielding begin with vigor. In creating works of art, the use writers three methods, the exploration and a design.Exploration process covering percairan idea and that data and find so it appeared new ideas.After the new appear, enter the design by making a sketch of an object for metaforkan of a notion can an innovation that created the baru.tahap a stages by which process the writer ideas and created a media work drawn to canvas. The latest results of the stage that is the establishment of 7 work both conventional media of painting .The media has created sanggat diverse .In any works featuring a visual object inspired by the author own combined in such a way that meaning can tersampaikan .The creation of writer hope this work could provide motivation and as a reminder to keep a sense of worthiness and vigour to live .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 700 The Arts > 700 The arts
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 13:46
Last Modified: 22 Feb 2022 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184422
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALIF JOKO SUDIRO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item