Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ceramah Menggunakan Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta.

Oktaviandi, Aldi (2021) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ceramah Menggunakan Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterampilan menulis teks ceramah siswa akan ditingkatkan melalui teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian yang diperoleh dari pembelajaran melalui teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi), keterampilan menulis teks ceramah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta mengalami peningkatan. Berdasarkan data hasil studi pendahuluan yang dilakukan secara komprehensif, keterampilan menulis teks ceramah siswa mencapai tingkat tuntas sebesar 78,5% yang tuntas dan menyisakan 34,7% tidak tuntas. Kemudian, setelah implementasi pembelajaran melalui teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) hasil keterampilan menulis teks ceramah siswa pada siklus I mencapai tingkat tuntas sebesar 81,4% sedangkan pada tingkat tidak tuntas sebesar 18,6%%. Pada siklus II mencapai tingkat tuntas sebesar 83,2%, sedangkan pada tingkat tidak tuntas sebesar 16,8%. Kesimpulannya pembelajaran menulis teks ceramah menggunakan teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta. Oleh karena itu, saran peneliti hendaknya guru mampu memilih media pembelajaran yang bervariatif dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah.

English Abstract

The writing skills of students' lecture texts will be improved through the 3M technique (Observing, Imitating, and Adding). This research uses classroom action research (CAR). The results of the research obtained from learning through 3M techniques (Observing, Imitating, and Adding), the writing skills of class XI IPS 4 students of SMA Negeri 27 Jakarta have increased. Based on the data from a comprehensive preliminary study, the students' writing skills of lecture texts reached a level of completion of 78.5% which was completed and 34.7% was left incomplete. Then, after the implementation of learning through the 3M technique (Observing, Imitating, and Adding) the results of students' lecture text writing skills in the first cycle reached a completion rate of 81.4% while the incomplete level was 18.6%%. In the second cycle, it reached a level of completion of 83.2%, while in the incomplete level of 16.8%. In conclusion, learning to write lecture texts using the 3M technique (Observing, Imitating, and Adding) can improve the skills of writing lecture texts in class XI IPS 4 SMA Negeri 27 Jakarta. Therefore, the researcher suggests that teachers should be able to choose varied learning media in an effort to improve the skills of writing lecture texts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 12:59
Last Modified: 23 Feb 2022 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184413
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALDI OKTAVIANDI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item