Perang dalam Cerpen Ippeisotsu (Seorang Tentara) Karya Katai Tayama: Metode Pembacaan Dekonstruktif

Ramadhani,, Ahmad Fikri (2021) Perang dalam Cerpen Ippeisotsu (Seorang Tentara) Karya Katai Tayama: Metode Pembacaan Dekonstruktif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan cerpen Ippeisotsu karya Katai Tayama sebagai objek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang pemberian makna baru pada makna perang dengan membongkar kembali hierarki metafisika yang terdapat pada cerpen tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis oposisi biner yang terdapat pada cerpen Ippeisotsu untuk menyingkap makna-makna yang tersembunyi dan untuk memberikan pemaknaan baru mengenai perang dengan menggunakan metode pembacaan dekonstruksi Jacques Derrida. Penelitian dengan menghubungkan teks dengan aspek di luar teks, yakni konteks sejarah perang Jepang-Rusia. wacana perang dan citra dari sosok tentara yang dibangun pada masa perang, dilakukan untuk menemukan posisi karya di tengah situasi masa Jepang tengah berperang ketika karya terbit tahun 1908. Teori kekuasaan Michel Foucault mengenai wacana digunakan untuk melihat bagaimana penanaman doktrin bela negara, kepatuhan pada penguasa, dan dukungan terhadap perang dikonstruksi sehingga rakyat mendukung perang dan mengikuti wajib militer untuk diterjunkan ke medan perang yang diperintahkan oleh kaisar. Hasil dari penelitian ini menemukan enam buah oposisi biner yang digunakan untuk menyingkap makna tersembunyi dan memberikan makna baru terhadap perang. Enam buah oposisi biner tersebut adalah superior (Jepang) dan inferior (Cina), pemimpin dan pengikut, subjek pemberi perintah dan subjek penerima perintah, tentara pemberani dan tentara gentar, tentara berfisik kuat dan tentara berfisik lemah, dan yang terakhir adalah medan perang kehidupan sipil. Berdasarkan oposisi biner tersebut, Katai Tayama memberikan pemaknaan baru akan perang di luar struktur yang ada dengan memberikan suara kepada tokoh tentara yang dipinggirkan atau marginal. Bila dihubungkan dengan aspek di luar teks, yakni menghubungkan karya dengan situasi perang dan tentara yang direpresentasikan oleh pemerintah pada masa karya dibuat, maka hasil dari makna tersembunyi yang dibongkar ini dapat disimpulkan sebagai karya yang memuat kritikan terhadap perang Jepang-Rusia 1904-1905 dan tugas tentara.

English Abstract

-

Other obstract

本研究では、田山花袋の短編小説『一兵卒』を研究対象としている。 この研究は、短編小説に含まれる形而上学的なヒエラルキーを解体するこ とによって、戦争の意味に新しい意味を与えることを議論する研究である。 この研究の主な目的は、ジャック・デリダの脱構築的読解法を使用して、 短編小説『一兵卒』に含まれる二項対立を分析し、隠された意味を明らか にし、戦争についての新しい意味を提供することである。日露戦争の歴史 的背景など、テキストとテキスト外の側面を結びつけて研究する。戦争談 話と戦時中に作られた兵士のイメージは、 1908 年に作品が発表されたと きの日本が戦争状態にあった状況の中で作品の位置を見つけるために行わ れた。ミシェル・フーコーの言説に関する権力理論を使用して、国家を擁 護する教義、当局への服従、戦争への支援がどのように構築されているか、 それにより、人々は天皇によって命じられ、戦争を支援し、兵役に従って 戦場に送られたことを確認した。 研究の結果は、隠された意味を明らかにし、戦争に新しい意味を与える ために使用された 6 つの二項対立を発見した。 6 つの二項対立は、優れた (日本)と劣った(中国)、リーダーとフォロワー、命令の命令者と命令 の受信者、勇敢な兵士と怯えた兵士、体の強い兵士と病弱な兵士、戦場と 市民生活である。この二項対立に基づいて、田山花袋は、取り残された、 または取り残された兵士に声をかけることによって、既存の構造の外で戦 争することに新しい意味を与える。それがテキスト外の側面、すなわち、 作品を戦争の状況や作品が作られたときに政府によって代表された兵士と 結び付けることに関連している場合、明らかにされた隠された意味の結果 は、 1904 年から 1905 年の日露戦争への批判と軍隊の仕事を含む作品とし て結論付けることができる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 12:36
Last Modified: 24 Feb 2022 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184406
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Fikri Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item