Purnama, Ade (2021) Analysis of Advertisement Types Used by Smartphone Brands. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pasar smartphone merupakan salah satu pasar dengan persaingan yang ketat dan memiliki banyak merek didalamnya. Merek smartphone harus menghadapi persaingan yang ketat untuk menjadi salah satu merek dengan penjualan tertinggi di industri tersebut. Iklan, sebagai salah satu media persuasif sangatlah penting untuk sebuah merek agar dapat mempromosikan produk-produk mereka. Dari beberapa merek terkemuka yang ada di pasar smartphone per kuartal dua tahun 2020, Apple, Samsung dan Huawei dipilih karena ketiga merek tersebut memiliki market share terbesar. Studi ini difokuskan untuk menentukan advertisement types apa yang digunakan oleh brand-brand tersebut. Kemudian, advertisement types yang dominan digunakan oleh merek tersebut akan dijadikan bahan perbandingan terhadap studi sebelumnya oleh Maria (2006) yang meng-klaim bahwa produk high-involvement cenderung menggunakan tipe iklan reason-based. Analisis pada studi ini dilakukan berdasarkan teori advertisement types oleh Simpson (2001). Studi ini menemukan bahwa dari dua belas iklan yang telah dianalisis, tipe strategi iklan yang digunakan paling banyak adalah tipe reason-based advertisement. Temuan ini sejalan dengan klaim Maria (2006) pada studinya yang mengatakan bahwa high-involvement akan cenderung lebih dominan menggunakan tipe iklan reason-based karena karakteristik dari produk tersebut.
English Abstract
Smartphone market is one of the fiercest markets with many brands. Smartphone brands had to have tight competition in order to be the highest selling brand in the smartphone industry. Advertisement, as a persuasive device is vital for brands to promote their products. From the three most prominent smartphone brands in the market as of Q2 2020, Apple, Samsung and Huawei were chosen as the three brands had the biggest market share. The study focused on determining which type of advertisement is dominantly used by the smartphone brands. The most dominant type of advertisement then was being compared to Maria’s (2006) notion to see if the high-involvement products like smartphone is indeed dominantly use reasonbased advertisement. The analysis was conducted based on Simpson (2001) binary distinction on his advertisement types theory. The study found out that among twelve ads that have been analyzed, the most dominant types used by smartphone brands is reason-based advertisement. These findings are in line with Maria’s (2006) claim on her study, which is high-involvement products are dominated by the reason-based advertisement due to the characteristics of high-involvement products
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 11:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184389 |
Text
-Ade Purnama.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |