The Use of Sarcasm in the Online Entertainment Platform 9GAG: A Pragmatic Study

Ferdian, Ade (2021) The Use of Sarcasm in the Online Entertainment Platform 9GAG: A Pragmatic Study. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengekspresikan pikiran kita dengan manusia lainnya dan bertujuan untuk berinteraksi dengan satu sama lain. Semakin berkembangnya teknologi, ada beberapa bahasa yang juga mengikuti perkembangan jaman. Contohnya, sebuah bahasa yang hanya dapat dimengerti oleh pengguna internet seperti meme, yang juga digunakan sebagai salah satu bentuk humor. Dengan berkembangnya bentuk dari meme tersebut, banyak orang menemukan sarkasme sebagai salah satu bahasa kiasan yang sering digunakan didalam meme susah untuk dimengerti. Ada dua permasalahan dalam studi ini, yaitu apa jenis sarkasme yang digunakan para 9gagger Indonesia dan tujuannya dibalik penggunan sarkasme tersebut Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Meme dan komentar dari para 9gagger Indonesia merupakan data yang digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan kedua teori dari Camp (2011) dan Iser (1972) untuk menentukan jenis sarkasme dan tujuan meme dengan menganalisa datanya. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis sarkasme yang muncul di dalam data, yaitu Propositional Sarcasm, Lexical Sarcasm, Like-Prefix Sarcasm, dan Illocutionary Sarcasm. Selain itu, jenis yang paling sering digunakan adalah Lexical Sarcasm dan yang paling sedikit adalah Like-Prefix Sarcasm. Studi ini juga menemukan bahwa banyak 9gagger menggunakan sarkasme dengan tujuan untuk menghibur para pembaca. Berdasarkan hasil tersebut, studi ini menyimpulkan bahwa para 9gagger Indonesia lebih memilih penggunaan dari Lexical Sarcasm karena mereka percaya bahwa setiap ucapan harus memiliki beberapa nilai komedi tidak perduli seberapa samar cara penyampaian pesan mereka, dan mereka menggunakan sarkasme untuk menghibur pembaca karena mereka pada dasarnya adalah penghibur terlepas dari tujuan lain mereka

English Abstract

Language is a device to express our thoughts with other human with the intention to interact with each other. As technology advances, there are some languages that correspond with the era it belongs to. For instance, a language that can only be understood by internet surfers such as meme, that can also be used as a form of humor. With the growing method of using memes, many people find sarcasm as one of figurative language that is commonly used within a meme quite hard to be understood. There are two research problems in this study, namely the types of sarcasm that Indonesian 9gaggers used in their memes and comments and the purposes behind the use of sarcasm. This research was a descriptive qualitative research. Indonesian 9gagger memes and their comments were the data for this research. The researcher used both Camp’s (2011) and Iser’s (1972) theories to determine the types of sarcasm used in the memes and their purposes. The results of this study showed that there were four types of sarcasm found in the data, namely Lexical Sarcasm, Like-Prefix Sarcasm, Propositional Sarcasm, and Illocutionary Sarcasm. Moreover, the most frequent used type of sarcasm was Lexical Sarcasm and the least used was Like-Prefix sarcasm. This study also found that many 9gaggers used the sarcasm in order to amuse the readers. Based on the given results, this study concludes that Indonesian 9gagger favors the usage of Lexical Sarcasm as they believe the utterances must have some comedic value regardless how vague their way of delivering the said message, and they used sarcasm to amuse the reader because their basic was an entertainer despite their other intentions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 11:18
Last Modified: 01 Mar 2022 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184385
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADE FERDIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item