"Implementasi Metode Gpu Instancing Sebagai Solusi Optimasi Pada Gim 3d Space Exploration"

Quddus, Haidar Izzatul (2021) "Implementasi Metode Gpu Instancing Sebagai Solusi Optimasi Pada Gim 3d Space Exploration". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Video game terus berkembang seiring laju perubahan zaman. Salah satu perkembangan dari video game adalah computer graphic pada saat ini mampu memberikan visual yang mendekati realisme dunia nyata secara real time. Tentunya semakin nyata grafis pada sebuah gim akan memakan sumber daya komputer yang cukup tinggi sehingga mempengaruhi performa dari gim dan kenyamanan pemain dalam bermain gim. Untuk menghindari hal ini diperlukan optimasi dalam sebuah video game. GPU instancing merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengoptimasi gim dalam aspek Computer Graphic. Umumnya gim yang tidak menggunakan GPU instancing akan menggunakan CPU instancing sebagai metodenya. Dalam CPU instancing setiap individual objek dalam gim akan memiliki batch dan draw callnya masing-masing dalam proses rendernya. Metode ini memiliki kelemahan apabila gim yang dikembangkan memiliki ribuan objek yang bersifat hi-poly. GPU instancing akan diterapkan untuk mencoba menyelesaikan permasalahan yang muncul dari CPU instancing. Tentunya optimasi dalam computer graphic tidak sebatas GPU instancing saja, metode GPU Intancing yang akan diterapkan berikutnya dapat di kombinasikan dengan metode optimasi lainnya seperti occlusion culling, Draw Distance dan level-of-detail object untuk mencapai hasil performa yang lebih baik. Hasil dari pengujian akan membuktikan bahwa GPU instancing mampu memberikan peningkatan performa lebih baik pada gim dibandingkan CPU instancing."

English Abstract

Video games will continue to develop along with the pace of the times. One of the key aspect of game developments is computer graphic where at this time able to provide visuals that are close to real-world realism in real time. Of course, the closer game graphics to realism will require more computing horsepower for system to be able to operate normally so that it will not affects game performance and player comfort when playing the game. To avoid this, optimization is required in a video game. GPU instancing is one of many method that can be used to optimize games in the computer graphic aspect. Generally, games that don't use GPU instancing will use CPU instancing instead as the method. In CPU instancing each individual object in the game will have its own batch and draw call inside the rendering process. This method has a weakness if the game being developed has thousands of hi-poly objects. GPU instancing instead will aim of resolving the problem which arise from CPU Instancing. Of course, Computer Graphic optimization is not limited to GPU instancing only, the GPU Intancing method that will be applied next can be combined further with other optimization methods such as occlusion culling, draw distance and level-of-detail objects to achieve better performance results. The results of the test will prove that GPU instancing is able to provide better performance improvements in games than CPU instancing

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 152115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:54
Last Modified: 23 Feb 2022 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184339
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
GALANG IZZATUL QUDDUS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item