"Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Rumus Fisika “Momen Gaya” Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD)"

Afandi, Fiqih Yanfirdaus (2021) "Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Rumus Fisika “Momen Gaya” Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD)". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat telah memaksa pemerintah untuk menutup seluruh sekolah dan menyarankan dilakukannya pembelajaran secara online di rumah. Berbagai upaya dilakukan agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun tidak ada pertemuan tatap muka secara langsung. pembelajaran secara online terbukti kurang efektif jika diterapkan dalam pembelajaran, dan siswa juga tidak bisa berinteraksi secara langsung dan siswa juga kurang memahami materi yang di sampaikan oleh guru dengan menggunakan aplikasi daring. Tentu saja masalah tersebut juga berdampak bagi mata pelajaran fisika. Fisika yang merupakan salah satu cabang dari IPA dan merupakan ilmu yang berkembang melalui langkah-langkah ilmiah, mulai dari menentukan masalah, Menyusun hipotesis, melakukan uji coba hipotesis melalui eksperimen, membuat kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Faktor penyebab sebagian siswa tidak menyukai pelajaran fisika yaitu dari cara pandang siswa yang menganggap fisika hanya berisi tentang rumus-rumus atau teori untuk dihafal. Jika ilmu fisika dipandang lebih luas oleh siswa, ilmu fisika memiliki banyak konsep yang harus dipahami secara mendalam dan ilmu fisika sendiri juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bab atau materi yang terdapat dalam mata pelajaran fisika yaitu momen gaya. Pada masa pandemi seperti ini, beberapa pelajar malas untuk belajar membuka buku serta mencoba teori dan mempraktekannya padahal untuk mengerjakan soal fisika siswa harus mencoba dan mempelajari teori dan rumusnya. Perlunya dilakukan pembelajaran model baru yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. pelajar menginginkan pembelajaran yang baru melalui smartphone atau tablet sehingga siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Untuk membantu proses belajar, maka dari hal tersebut peneliti ingin memfokuskan proses belajar rumus fisika tentang momen gaya sebagai dasar dari penelitian user experience. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu mempermudah siswa dalam mempelajari bab momen gaya dengan cara menerapkan visual gambar pada contoh soal momen gaya sehingga siswa lebih mudah membayangkan soal apa yang akan dikerjakan."

English Abstract

The rapid spread of Covid-19 has forced the government to close all schools and recommend online learning at home. Various efforts were made to keep teaching and learning activities running even though there were no face-to-face meetings. online learning is proven to be less effective if applied in learning, and students also cannot interact directly and students also do not understand the material conveyed by the teacher using online applications. Of course, this problem also has an impact on physics subjects. Physics is a branch of science and is a science that develops through scientific steps, starting from determining problems, formulating hypotheses, testing hypotheses through experiments, making conclusions, and discovering theories and concepts. The factor that causes some students not to like physics is from the perspective of students who think that physics only contains formulas or theories to be memorized. If physics is viewed more broadly by students, physics has many concepts that must be understood in depth and physics itself can also be applied in everyday life. One of the chapters or material contained in physics subjects is the moment of force. During a pandemic like this, some students are lazy to learn to open books and try theory and practice it, even though to work on physics problems students have to try and learn the theory and formulas. The need for new learning models that can be done anywhere and anytime. students want new learning via smartphones or tablets so that students can learn anywhere and anytime. To help the learning process, therefore the researcher wants to focus on the process of learning the physics formula about the moment of force as the basis of user experience research. Another goal of this research is to make it easier for students to learn the moment of force chapter by applying visual images to examples of moment of force questions so that students can more easily imagine what questions they will work on.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 152115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:54
Last Modified: 23 Feb 2022 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184338
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FIQIH YANFIRDAUS AFANDI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item