Analisis Dan Desain Layanan Informasi Profil Umkm Wilayah Jawa Timur Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Hcd)

Tidar, Haidar Giri (2021) Analisis Dan Desain Layanan Informasi Profil Umkm Wilayah Jawa Timur Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Hcd). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan ekonomi yang berdiri sendiri baik perorangan maupun badan usaha. UMKM berpengaruh terhadap sosial hingga ekonomi. Salah satunya yakni UMKM sektor industri. Dibalik aktivitas UMKM terdapat permasalahan yang didapatkan dari wawancara serta observasi. Dari permasalahan yang didapatkan maka dimulai untuk melakukan penelitian agar dapat membantu mengurangi permasalahan yang dihadapi oleh UMKM sektor industri. Penelitian ini menggunakan metode Human Centred Design (HCD) dimana pada dilakukan penggalian permasalahan, identifikasi kebutuhan, hingga mengeluarkan output solusi berupa prototipe yang menjawab permasalahan yang ada. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini yakni pengujian prototipe menggunakan SEQ kuesioner. Setelah melakukan pengujian, prototipe dapat dikategorikan mudah digunakan dengan rincian nilai rata-rata kategori konsumen 6.83, kategori UMKM 6.50 dan kategori mahasiswa 6.16. sehingga dari total keseluruhan nilai rata-rata didapatkan nilai 6.49 yang menunjukkan antarmuka mudah digunakan. "

English Abstract

-Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are independent economic activities both individuals and business entities. MSMEs have an effect on social to economic. One of them is MSMEs in the industrial sector. Behind the activities of MSMEs there are problems obtained from interviews and observations. From the problems obtained, it was started to conduct research in order to help reduce the problems faced by MSMEs in the industrial sector. This research uses Human Centred Design (HCD) method where in the excavation of problems, identification of needs, to issue solution output in the form of prototypes that answer existing problems. The tests conducted in this study are prototype testing using SEQ questionnaires. After testing, the prototype can be categorized as easy to use with details of the average value of consumer category 6.83, MSMEs category 6.50 and student category 6.16. so that from the total total average value obtained a value of 6.49 which indicates an easy-to-use interface.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 152115
Uncontrolled Keywords: UMKM, human centred design, usability, SEQ,
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:54
Last Modified: 16 Oct 2024 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184337
[thumbnail of Haidar Giri Tidar.pdf] Text
Haidar Giri Tidar.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item