Perdana, Febryan Asa (2021) Evaluasi Kualitas Aplikasi Mobile Commerce Kamimart Berbasis Android Berdasarkan Standar Iso/Iec 25010. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"KamiMart merupakan unit usaha pertokoan berbentuk minimarket milik Koperasi Karyawan (Kopkar) PT. Paiton Operation & Maintenance Indonesia (POMI) yang terletak di Jalan Raya Paiton, Dusun Krajan, Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Saat ini, KamiMart tengah mengalami penurunan penjualan akibat pandemi corona virus disease (COVID-19) yang menyebabkan masyarakat memilih untuk mengurangi aktivitas di luar rumah seperti berbelanja di toko. Selain itu, pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya transisi aktivitas berbelanja masyarakat di luar rumah menuju pemesanan melalui aplikasi digital. Sementara KamiMart selama ini hanya mengandalkan penjualan secara offline. Oleh karena itu, KamiMart melakukan langkah strategis dengan mengembangkan aplikasi m-commerce berbasis Android. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan pada aplikasi m-commerce KamiMart oleh partisipan, masih terdapat permasalahan yang ditemukan pada aplikasi. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara dengan representatif dari tim pengembang aplikasi m-commerce KamiMart bahwa ternyata belum dilakukan evaluasi atau pengujian secara komprehensif pada aplikasi m-commerce KamiMart. Mengingat aplikasi m-commerce KamiMart memiliki value proposition yang sangat penting bagi KamiMart dan pelanggannya, sehingga kualitasnya harus diperhatikan dan dipastikan, salah satunya adalah melalui evaluasi kualitas pada aplikasi tersebut. Evaluasi kualitas aplikasi m-commerce KamiMart dilakukan dengan mengacu pada standar atau model kualitas ISO/IEC 25010 yang diadopsi dan disesuaikan dengan spesifikasi dan kondisi aplikasi. Dari hasil evaluasi kualitas, kualitas aplikasi m-commerce KamiMart dapat dikatakan sangat baik karena memiliki nilai kualitas keseluruhan sebesar 97,82% dengan rincian nilai: 98,76% pada aspek Functional Suitability, 98,75% pada aspek Usability, 97,69% pada aspek Performance Efficiency, 100% pada aspek Reliability, 99,6% pada aspek Maintainability, 100% pada aspek Portability, dan 90% pada aspek Security. Dari hasil evaluasi kualitas tersebut, juga disusun rekomendasi peningkatan kualitas yang relevan dengan hasil dan temuan permasalahan yang ada untuk setiap aspek kualitas yang dievaluasi."
English Abstract
KamiMart is a minimarket which is owned by worker cooperatives (Kopkar) of PT. Paiton Operation & Maintenance Indonesia (POMI). Currently, KamiMart is experiencing a decline in sales due to the COVID-19 pandemic which causes people to reduce outside activities as much as possible such as shopping in store. In addition, the COVID-19 pandemic has caused the transition of people's shopping activities outside the home to ordering through digital applications. While KamiMart has only relied on offline sales. Hence, KamiMart decided to take strategic measure by developing a mobile commerce (m-commerce) application. Based on the testing or trials conducted or carried out by participants, there were still problems exist within the app. This is reinforced by the interview result with representatives of the developers of KamiMart m-commerce app that there has not been any comprehensive testing performed on the app. Given that the mcommerce app has a very important value proposition for both KamiMart and its customers, the quality of the app must be ensured as much as possible, one of which is through a quality evaluation of the mentioned app. Quality evaluation on KamiMart m-commerce app is carried out using International Organization for Standardization (ISO) standards for Software Product Quality, ISO/IEC 25010, that are adopted and adapted so that is relevant against the evaluated software or app. From the quality evaluation result, it can be concluded that KamiMart m-commerce app has a very good or outstanding quality as it obtains 97,82% for overall app quality value that is constructed from the following values: 98,76% for Functional Suitability, 98,75% for Usability, 97,69% for Performance Efficiency, 100% for Reliability, 99,6% for Maintainability, 100% for Portability, and 90% for Security. Recommendation for quality improvements that are relevant according to the result and discovered problems for each quality aspect are also given.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 152115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:54 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184336 |
Text
FEBRYAN ASA PERDANA.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |