Ferdiansyah, Febi (2021) Pengaruh Waktu Gesek dan Diameter Gesek Baja Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Gesek Aluminium A6061 dan Baja SS41. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Febi Ferdiansyah, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Juli 2021, Pengaruh Waktu Gesek dan Diameter Gesek Baja Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Las Gesek Aluminium A6061 dan Baja SS41, Dosen Pembimbing: Yudy Surya Irawan Saat ini manufaktur banyak digunakan dalam dunia industri dan perkembangan teknologinya pun bisa dibilang sangat pesat dimana saat ini pengunaan aluminium untuk pengurangan berat kendaraan sangat dianjurkan agar bagian paduan aluminium, yang memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang lebih tinggi, digunakan sebagai penganti bagian baja. Namun, dalam aplikasinya tentu aluminium tidak bisa mengganti semua bagian baja kendaraan khusunya untuk bagian yang mengutamakan kekuatan strukturalnya. Maka dari itu sangat disarankan dalam menurunkan bobot kendaraan yang baik baja dan paduan aluminium harus digunakan dengan pertimbangan kekuatan struktural.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diameter gesek baja dan waktu gesek terhadap kekuatan tarik sambungan las gesek aluminium A6061 dan baja SS41 . Las gesek atau friction welding merupakan salah satu metode pengelasan solid state dimana panas atau tekanan dari kontak kedua permukaan digunakan untuk membuat sambungan, tetapi tidak terjadi peleburan base metal dan tidak ada filler yang ditambahkan. Proses pengelasan untuk dua material yang tidak sejenis masih jarang dilakukan, dan biasanya menggunakan metode friction welding karena pada metode lainnya hampir tidak mungkin, dan merupakan salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan penyambungan logam yang sulit dilakukan dengan pengelasan cair. Pada penelitian ini dilakukan las gesek (friction welding) aluminium A6061 dengan Baja SS41 menggunakan tiga variasi waktu yaitu 5 detik,7 detik,9 detik dan dua variasi diameter gesek baja yaitu 9 mm dan 12 mm rpm.Untuk mengetahui pengaruh waktu gesek dan diameter permukaan gesek baja terhadap kekuatan tarik maka dilakukan pengujian berupa uji tarik. Hasil dari penelitian ini dengan tekanan hidrolik awal sebesar 7 kN dan tekanan hidrolik akhir sebesar 35 kN menghasilkan sambungan las gesek yang memiliki kekuatan tarik ratarata tertinggi sebesar 200.52 MPa terjadi pada variasi diameter gesek baja 9mm dan waktu gesek selama 7 detik. Sedangkan kekuatan tarik rata-rata terendah sebesar 108.14 MPa terjadi pada variasi variasi diameter gesek baja 12mm dan waktu gesek selama 9 detik. Hal itu dipengaruhi oleh fenomena berupa panas yang masuk (heat input) yang terjadi pada saat pengelasan dan perbedaan luas daerah flash yang terbentuk pada kedua variasi tersebut. Kata Kunci: Continuous Drive Friction Welding, Beda Diameter Baja, Kekuatan Tarik, Aluminium A6061,Baja SS41
English Abstract
Febi Ferdiansyah, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Brawijaya University, in July 2021, The Influence of Friction Time and Surface Friction Diameter of Steel Against the Friction Weld Tensile Strength of AA6061 and SS41 Steel, Academic Supervisor: Yudy Surya Irawan. Currently manufacturing is widely used in the industrial world and technological developments can be said to be very rapid where currently the use of aluminum for vehicle weight reduction is highly recommended so that aluminum alloy parts, which have a higher strength to weight ratio, are used instead of steel parts. However, in its application, of course, aluminum cannot replace all steel parts of the vehicle, especially for parts that prioritize structural strength. Therefore, it is highly recommended in reducing vehicle weight that both steel and aluminum alloy should be used with consideration of structural strength. The purpose of this study was to determine the effect of steel friction diameter and friction time on the tensile strength of A6061 and SS41 steel friction welded joints. Friction welding is awelding method in solid state which heat or pressure from the contact of the two surfaces is used to make a connection, but no melting of theoccurs base metal and no filler is added. The welding process for twomaterials is still rarely carried out, and usually using themethod dissimilar friction welding because the other method is almost impossible, and is one solution in solving the problem of joining metals which is difficult to do with liquid welding. In this study,friction welding of aluminum A6061 with SS41 steel was carried out using three time variations, namely 5 seconds, 7 seconds, 9 seconds and two variations of the steel friction diameter, namely 9 mm and 12 mm rpm. To determine the effect of friction time and surface diameter steel friction against tensile strength, then a tensile test is carried out. The results of this study with an initial hydraulic pressure of 7 kN and a final hydraulic pressure of 35 kN resulted in a friction welded joint that has the highest average tensile strength of 200.52 MPa occurring in variations in the diameter of the steel friction 9mm and the friction time for 7 seconds. While the lowest average tensile strength of 108.14 MPa occurs in variations of 12mm steel friction diameter and 9 seconds of friction time. This is influenced by the phenomenon ofheat inputthat occurs during welding and the difference in the area of flash formed in the two variations. Keywords: Continuous Drive Friction Welding, Steel Diameter Difference, Tensile Strength, A6061 Aluminum, SS41 SteelKeywords: Continuous Drive Friction Welding, Steel Diameter Difference, Tensile Strength, A6061 Aluminum, SS41 Steel
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 621.8 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Continuous Drive Friction Welding, Beda Diameter Baja, Kekuatan Tarik, Aluminium A6061,Baja SS41--Continuous Drive Friction Welding, Steel Diameter Difference, Tensile Strength, A6061 Aluminum, SS41 SteelKeywords: Continuous Drive Friction Welding, Steel Diameter Difference, Tensile Strength, A6061 Aluminum, SS41 Steel |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering |
Depositing User: | Unnamed user with email gaby |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 06:53 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184335 |
Text
febi ferdiansyah (1).pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |