Analisis Sentimen Aspek Pada Opini Wisatawan Menggunakan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus: Perum Perhutani)

Hadiyan, Fasya Ghassani (2021) Analisis Sentimen Aspek Pada Opini Wisatawan Menggunakan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus: Perum Perhutani). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perum Perhutani merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang salah satu portofolio bisnisnya adalah mengelola dan mengembangkan 768 ekowisata di Jawa dan Madura. Untuk mengembangkan objek wisata yang dikelolanya Perhutani belum dapat melakukannya dengan optimal dikarenakan kurangnya data dan informasi mengenai preferensi wisatawan mengenai objek-objek wisata di samping upaya yang dilakukannya. Analisis sentimen menggunakan Multinomial Naïve Bayes dilakukan untuk mengetahui preferensi wisatawan dilihat dari tiga aspek terhadap objek wisata yang dikelola Perhutani. Ketiga aspek tersebut adalah attractions, accessibilities, dan amenities. Ulasan didapatkan dari TripAdvisor yang akan diklasifikasikan ke dalam tiga kelas, yaitu positif, negatif, dan netral. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui hasil implementasi metode Multinomial Naïve Bayes pada proses analisis sentimen, mengetahui nilai precision, recall, dan f1, dan terakhir mengetahui hasil usability testing dari dashboard. Hasil proses klasifikasi untuk aspek attractions berupa nilai accuracy sebesar 69,89%. Sedangkan untuk aspek accessibilities dan amenities didapatkan nilai accuracy sebesar 61,67% dan 63,01% untuk masing-masing aspek. Informasi berupa sentimen wisatawan tersebut ditampilkan ke dalam dashboard yang kemudian diujikan kepada pihak Perhutani menggunakan SUS (System Usability Scale) dan mendapatkan skor 65. Hasil skor tersebut menandakan dashboard memiliki rating “Good” dan termasuk ke dalam range Marginal (High) untuk penerimaan.

English Abstract

Perum Perhutani is a BUMN (Badan Usaha Milik Negara) whose business portfolio is managing and developing 768 ecotourism in Java and Madura. Perhutani has not been able to develop the tourism objects optimally due to the lack of data and information regarding tourist preferences about tourism objects despite the effort they have done. Sentiment analysis using Multinomial Naïve Bayes was carried out to determine tourist preferences from three aspects of tourism objects managed by Perhutani. The three aspects are attractions, accessibilities, and amenities. Reviews obtained from TripAdvisor will be classified into three classes, namely positive, negative, and neutral. The purposes of this study are first, to find out the implementation results of Multinomial Naïve Bayes in sentiment analysis process, second, to find out the values of precision, recall, and f1, and lastly to know the results of usability testing from the dashboard. The results of the classification process for the attractions aspect is 69.89% of accuracy. As for accessibilities and amenities, the accuracy values are 61.67% and 63.01% for each aspect. Information about of tourist sentiment is displayed on a dashboard which is then tested by Perhutani using SUS (System Usability Scale) and gets a score of 65. That result means the dashboard has “Good” rating and in range Marginal (High) for acceptability.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 152115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:55
Last Modified: 30 Sep 2024 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184332
[thumbnail of FASYA GHASSANI HADIYAN.pdf] Text
FASYA GHASSANI HADIYAN.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item