Erlangga, Erlan (2021) Evaluasi Tingkat Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi dengan Framework COBIT 5 pada Proses DSS02 dan DSS03 di PT Hexindo Adiperkasa Cabang Balikpapan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"PT. Hexindo Adiperkasa Cabang Balikpapan adalah perusahaan yang bergerak dalam industri perdagangan alat berat serta memberikan service kedapa pelanggan. PT. Hexindo Adiperkasa Cabang Balikpapan telah memanfaatkan TI yang terhubung dengan jaringan komunikasi data perusahaan untuk membantu operasional perusahaan. Adanya teknologi informasi yang digunakan perusahaan, dapat membuat adanya resiko terhadap perusahaan yang disebabkan dari insiden TI. Manajer harus mengelola setiap insiden TI yang terjadi secara efektif dan efisien agar tidak dapat memberikan dampak yang buruk bagi operasional bisnis perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka peniliti melakukan evaluasi terhadap pengelolaan manajemen layanan teknologi informasi pada PT. Hexindo Adiperkasa Cabang Balikpapan untuk menilai maturitas perusahaan dalam mengelola teknologi informasi. Dari pemaparan permasalahan diatas, maka penulis menggunakan framework COBIT 5 dan menggunakan domain DSS (Deliver, Service, and Support) yang berfokus pada proses DSS02 (Mengelola Permintaan Layanan dan Insiden) dan DSS03 (Mengelola Masalah). Berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan DSS02 berada pada kapabilitas tingkat 0 dan DSS03 berada pada kapabilitas tingkat 0. Kabapilitas target pada DSS02 dan DSS03 adalah pada tingkat 1. Rekomendasi yang diberikan agar kapabilitas target dicapai dipetakan dalam roadmap dengan rentang waktu 3 tahun."
English Abstract
PT. Hexindo Adiperkasa Balikpapan Branch is a company engaged in heavy equipment trading industry and provides services to customers. PT. Hexindo Adiperkasa Balikpapan Branch has utilized IT in data communication network to assist daily operational in company. The existence of information technology used in company, besides provide benefits it also cause risk which known as IT incidents to company. Managers must manage every IT incident with effective and efficient in order to prevent any bad impact that could hampered business operations. Based on these problems, researcher evaluate the management of information technology service management at PT. Hexindo Adiperkasa Balikpapan Branch to assess the company's maturity in managing information technology. In accordance with problems as mentioned above, author used the COBIT 5 framework and DSS (Deliver, Service, and Support) domain that focuses on DSS02 (Managing Service Requests and Incidents) and DSS03 (Problem Management) processes. Based on the assessment results, DSS02 is at capability level 0 and DSS03 is at capability level 0. The target capability for DSS02 and DSS03 is at level 1. It is recommended that the target capability which had been achieved are mapped in the roadmap with a span time of 3 years.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 152115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 16:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184323 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erlan Erlangga.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (10MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |