"PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA,TATA KELOLA PERUSAHAAN, DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EFISIENSI INVESTASI"

Made Adi Erawati, Ni (2021) "PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA,TATA KELOLA PERUSAHAAN, DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EFISIENSI INVESTASI". Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Ni Made Adi Erawati.Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi, Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. Peran Corporate Social Responsibility pada Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Tata Kelola Perusahaan, dan Kualitas Laporan Keuangan terhadap Efisiensi Investasi. Promotor: Sutrisno T. Kopromotor: Bambang Hariadi dan Erwin Saraswati Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa efisiensi investasi pada perusahaan keluarga dapat dipengaruhi oleh faktor kepemilikan keluarga, tata kelola perusahaan, kualitas laporan keuangan, dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini merupakan penelitian Archival dengan menggunakan data sekunder. Sampel diambil secara purposive pada kelompok perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari total 775 perusahaan observasi terdapat 350 sampel observasi yang memenuhi kriteria sebagai family business enterprise periode tahun 2015-2019. Hasil pengujian dan analisis dengan STATA menunjukkan bahwa efisiensi investasi dapat dijelaskan oleh faktor kepemilikan keluarga, tata kelola perusahaan, dan pengungkapan CSR. Semakin besar proporsi keluarga di perusahaan maka efisiensi investasi semakin menurun, tetapi pengungkapan CSR dapat memperlemah pengaruh negatif tersebut. Melalui pengungkapan CSR,pengaruh tatakelola perusahaan terhadap efisiensi investasi lebih kuat.Pada penelitian ini kualitas laporan keuangan tidak dapat menjelaskan perubahan pada efisiensi investasi. Walaupun pengungkapan CSR dapat menjelaskan perubahan efisiensi investasi, pengungkapan CSR tidak dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh kualitas laporan keuangan terhadap efisiensi investasi. Implikasinya adalah regulasi pengungkapan CSR seharusnya bersifat mandatory dengan isi laporan yang memadai agar pengungkapan CSR lebih efektif. Secara keseluruhan hasil penelitian ini mendukung fenomena efisiensi investasi di Indonesia. Dominasi perusahaan keluarga di Indonesia yang lebih memprioritaskan socio emotional wealth,berorientasijangkapanjang,danberhati-hatidalammengambilkeputusaninvestasimenyebabkanperusahaankeluarga cenderungunderinvestment. Katakunci:efisiensi investasi,kepemilikankeluarga, tatakelolaperusahaan,kualitaslaporankeuangan,dancorporate social responsibility"

Item Type: Thesis (Doctor)
Uncontrolled Keywords: efisiensi investasi,kepemilikan keluarga, tata kelola perusahaan,kualitas laporan keuangan,dan corporate social responsibility
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 20 Oct 2021 05:10
Last Modified: 22 Feb 2022 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184295
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adi Erawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item