Re-Design Kemasan Produk Keripik Pisang Dengan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus Industri Rumah Tangga Elisa Snack Gondang Purworejo, Kab. Kediri)

Augustira, Thalia (2021) Re-Design Kemasan Produk Keripik Pisang Dengan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus Industri Rumah Tangga Elisa Snack Gondang Purworejo, Kab. Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemasan merupakan salah satu faktor yang penting dalam penjualan suatu produk. Tingkat konsumsi produk dapat bertambah apabila memiliki kemasan yang menarik. Kemasan pada dasarnya berperan penting melindungi produk, namun selain itu juga digunakan sebagai media informasi kepada konsumen. Salah satu produk makanan dalam kemasan adalah keripik pisang dengan produsen industri rumah tangga Elisa Snack yang bertempat di Gondang Purworejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Industri rumah tangga Elisa Snack diketahui memiliki kemasan kurang informatif yaitu tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa padahal tanggal kadaluwarsa merupakan salah satu hal penting bagi konsumen sebelum memutuskan membeli suatu produk. Banyaknya pesaing usaha keripik yang ada dapat menyebabkan pemasaran produk menjadi kurang meluas dan menurunkan minat konsumen. Tingginya persaingan dan kelemahan yang ada diharapkan dapat mendorong industri rumah tangga Elisa Snack menjadi lebih baik dengan cara mengoptimalkan tampilan kemasan dan disesuaian dengan keinginan konsumen. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk merancang kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen adalah kansei engineering. Penerapan metode kansei engineering dalam penelitian ini menggunakan 21 kata kansei pada 75 responden terhadap 9 sampel produk kemasan keripik pisang Elisa Snack pada kuisioner. Kata kansei yang digunakan antara lain informatif, menarik, modern, bercorak, bergengsi, aman, mencolok, inovatif, berwarna, terang, kreatif, kualitas bagus, unik, praktis, elegan, rapi, berciri khas, mudah dibuka, berlabel, mudah disimpan, dan berlogo. Desain kemasan akhir yang sesuaivii keinginan responden antara lain kemasan berbentuk standing pouch, berbahan kertas kraft, dan berwarna transparan dengan banyak warna. Faktor terpenting yang menjadi pertimbangan dalam desain kemasan keripik pisang Elisa adalah elemen desain bentuk dengan persentase 43,384, lalu elemen desain bahan dengan persentase 37,085, dan elemen desain warna dengan persentase 19,531

English Abstract

Packaging is one of the important factor in selling a product. The level of product consumption can increase if it has an attractive packaging. Packaging basically plays an important role in protecting the product, but besides that it also used as a media of information to consumers. One of the packaged food products is banana chips, with home industry Elisa Snack located in Gondang Purworejo, Kandat District, Kediri Regency. The home industry of Elisa Snack is known to have less informative packaging, it does not include the expiration date even though the expiration date is one of the important things for consumers before deciding to buy a product. The number of existing chips business competitors can cause product marketing to become less widespread and reduce consumer interest. The high competition and existing weaknesses are expected to encourage the Elisa Snack home industry to be better by optimizing the appearance of the packaging and adapting it to consumer desires. One of the methods that can be used to design packaging according to consumer wishes is kansei engineering. The application of the kansei engineering method in this study used 21 kansei words in 75 respondents to 9 samples of Elisa Snack banana chip packaging products on the questionnaire. Kansei words used include informative, attractive, modern, patterned, prestigious, safe, flashy, innovative, colorful, bright, creative, good quality, unique, practical, elegant, neat, distinctive, easy to open, labeled, easy to store, and has logo. The final packaging design according to the respondents wishes includes packaging in the form of a standing pouch, made ofix kraft paper, and is transparent in color with many colors. The most important factors that are considered in the design of Elisa's banana chips packaging are shape design elements with a percentage of 43,384, then material design elements with a percentage of 37.085, and color design elements with a percentage of 19,531

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052110
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies > 630.92 Farmers
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 05:05
Last Modified: 25 Feb 2022 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184290
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Thalia Augustira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item