Setiawan, Bagus (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Ispring Pada Materi Desain Grafis Di Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam dunia pendidikan terdapat proses belajar dan mengajar antara guru dan siswa. Pada proses belajar dan mengajar tersebut tidak luput dari bagaimana cara guru dalam penyampaian materi yang baik. Seiring berkembangnya zaman, seorang guru diharuskan untuk memberikan materi pembelajaran yang efektif dan efisien, namun banyak guru yang belum paham dalam memberikan media pembelajaran yang baik, padahal media pembelajaran sangat banyak pengaruhnya dalam proses belajar. Aplikasi Ispring adalah salah satu sarana untuk pengajar agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien, dimana aplikasi tersebut dapat membuat sebuah media pembelajaran yang bisa diakses melalui smartphone android, sehingga diharapkan minat siswa dalam belajar dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran serta mengukur tingkat keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Grafis di kelas X SMK Negeri 5 Malang. Hal tersebut dibuktikan dengan kelulusan hasil belajar dari lima siswa yang telah mengerjakan kuis yang sudah diberikan pada media pembelajaran berbasis aplikasi Ispring pada materi desain grafis di kelas X SMK Negeri 5 Malang.
English Abstract
In the world of education there is a learning and teaching process between teachers and students. In the learning and teaching process, the teacher's way of delivering good material is closely related. Along with the development of the times, a teacher is required to provide effective and efficient learning materials, but many teachers do not understand how to provide good learning media, even though learning media has a lot of influence in the learning process. Theapplication Ispring is one of the means for teachers to be able to develop effective and efficient learning media, where the application can create a learning media that can be accessed via an Android smartphone, so it is hoped that student interest in learning can increase. The purpose of this study was to determine the procedure for developing instructional media and to measure the effectiveness of the use of learning media based on the application Ispring to improve student learning outcomes. This study uses the ADDIE development model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The results showed that the use of learning media based on the Ispring application was feasible to be used in the learning process and was able to improve student learning outcomes in Graphic Design subjects in class X SMK Negeri 5 Malang. This is evidenced by learnig outcomes the passing results of five students who have worked on the quizzes that have been given to the application-based learning media Ispring on graphic design material in class X SMK Negeri 5 Malang.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:06 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184204 |
![]() |
Text
Bagus Setiawan.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |