Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jayapura Papua

Bowaire, Brigita Jecklin (2021) Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jayapura Papua. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan pada jaman sekarang ini adalah penggunaan media sosial. Media sosial dimanfaatkan dalam berbagai bidang tak terkecuali oleh pelaku bisnis UMKM di Kota Jayapura. Tetapi banyak dari pelaku UMKM yang masih enggan untuk memanfaatkan media sosial untuk pemasaran online dan mengembangkan usaha yang mereka jalani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial oleh UMKM di Kota Jayapura papua untuk mengembangkan usahanya yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur kepada pelaku UMKM yang sudah menggunakan media sosial dan yang belum menggunakan media sosial. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode thematic analysis. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan empat kategori yang menjelaskan bagaimana penggunaan media sosial oleh UMKM di Kota Jayapura Papua yaitu Pengetahuan individu, Alasan menggunakan media sosial, Hambatan menggunakan media sosial, dan Kemudahan menggunakan media sosial.

English Abstract

-One of the most widely used technologies today is the use of social media. Social media is used in various fields, including MSME business players in Jayapura City. However, many MSME actors are still reluctant to use social media for online marketing and develop their businesses. This study aims to determine the use of social media by MSMEs in Jayapura City, Papua to develop their business which was analyzed descriptively qualitatively. Data collection was carried out by means of semi-structured interviews with MSME actors who had used social media and who had not used social media. The data that has been collected is then analyzed using thematic analysis method. The conclusion from the results of the research conducted was found four categories that explain how the use of social media by MSMEs in Jayapura City, Papua, namely individual knowledge, reasons for using social media, barriers to using social media, and ease of using social media.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:05
Last Modified: 22 Feb 2022 08:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184202
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Brigita Bowaire.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item