Azkiyah, Azka (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Menggunakan Model Pengembangan Four-D (Studi Pada Smk Negeri 1 Rembang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
"Pandemi Covid-19 menuntut pembelajaran berjalan secara daring. SMK N 1 Rembang memanfaatkan Whatsapp, Zoom dan Google Classroom untuk pembelajaran daring. Peserta didik tidak memiliki sumber belajar khusus sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran. Hasil belajar kelas X TKJ A & X TKJ C tanpa media tergolong rendah. Kelas X TKJ A & X TKJ C mendapatkan rata-rata 73,67 dan 75,7 dengan KKM 79. Jumlah peserta didik dengan nilai tuntas pada kelas X TKJ A 13 dan X TKJ C 15. Pembelajaran dengan media dilaksanakan di kelas X TKJ B dengan slide materi PowerPoint yang mengharuskan peserta didik untuk melakukan pengunduhan. Hal tersebut menjadi keluhan peserta didik, karena permasalahan memori perangkat penuh. Oleh karena itu dalam penelitian skripsi ini peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang dapat mengakomodasi pembelajaran secara daring. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan metode pengembangan Four-D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil validasi dari ahli media, materi, dan instruksional menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase masing-masing 88,7%, 100%, dan 90,77%. Untuk menguji efektivitas dan efisiensi media pembelajaran, peneliti melibatkan 34 peserta didik kelas X TKJ A dalam uji coba luas. Media pembelajaran efektif dalam pembelajaran dengan skor signifikansi 0,02 melalui uji wilcoxon. Uji efisiensi dari skor kuesioner respon peserta didik mencapai 92,03% dengan kriteria sangat layak. Pada tahap diseminasi, peneliti melibatkan 30 peserta didik kelas X TKJ C dengan hasil skor respon sebesar 92,03% (sangat layak). Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan penggunaan media pembelajaran efektif dan efisien untuk dimanfaatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. "
English Abstract
Covid-19 pandemic demands school to implement online learning. SMK N 1 Rembang uses Whatsapp, Zoom and Google Classroom for online learning. Students do not have specific learning resources as reference for their lessons. Learning outcomes in class X TKJ A & X TKJ C without learning media are low. X TKJ A & X TKJ C got average score 73.67 and 75.7 with minimum standard score of 79. The number of students with good grades (≥79) in X TKJ A was 13 and X TKJ C was15. Learning media was carried out in X TKJ B with PowerPoint material slides which require students to download. It makes problem because of their overcapacity device memory. Therefore, in this study the researcher develop a web-based learning media which accommodate online learning. The researcher developed a web-based learning media with Four-D development method (define, design, develop, and disseminate). The validation result from media, material, and instructional experts show very feasible criteria with 88.7%, 100%, and 90.77% score respectively. In order to test the effectiveness and efficiency of learning media, the researcher involved 34 students of X TKJ A in general trial. Learning media is effective in learning with significance score of 0.02 through wilcoxon test. The efficiency test of the student response scores reached 92.03% (very feasible). On dissemination stage, the researcher involved 30 students of X TKJ C class with response score of 92.03% (very feasible). Thus, the researcher can conclude that learning media is effective and efficient for student’s learning process
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username rizky |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:07 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184199 |
![]() |
Text
Azka Azkiyah.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |