Alas Kaki Penimbang Berat Badan Dengan Berjalan Berbasis Sensor Load Cell Dan Metode Regresi Linier

Afflatuslloh, Adi Salung (2021) Alas Kaki Penimbang Berat Badan Dengan Berjalan Berbasis Sensor Load Cell Dan Metode Regresi Linier. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tubuh yang ideal adalah impian semua orang. Dari yang berumur remaja sampai tua sekalipun, jenis kelamin laki-laki maupun perempuan, pasti menginginkan tubuh ideal. Tubuh ideal bisa didapatkan dari olah raga yang cukup, pola makan sehat, tidur yang cukup. Kita bisa mengetahui apakah tubuh kita termasuk ideal atau tidak dengan cara mengukur tinggi badan dan berat badan, yang disesuaikan dari umur orang tersebut. Menjaga berat badan seseorang adalah salah satu kebutuhan untuk menjaga kesehatan tubuh. Berat badan harus selalu kita cek, supaya bisa mengontrol pola sehat tubuh. Kadang untuk mengukur berat badan membutuhkan waktu, bagi orang yang sibuk mungkin hal tersebut tidaklah penting. Padahal sangatlah perlu untuk selalu mengetahui berat badan. Akan sangat membantu jika ada alat pengukur berat badan yang bisa digunakan sewaktu-waktu dan tidak diharuskan berdiri diam di tempat timbangan berat badan biasa. Maka dari itu perlu adanya alat yang dapat mempermudah kita dalam memonitoring berat badan setiap saat. Bisa sambil tidur, berlari, makan, dan segala kegiatan sehari-hari. Pada penelitian kali ini, akan membuat alat wearable yang menambah fungsi dari sandal menjadi alat monitoring berat badan. Dengan menggunakan beberapa sensor Load Cell pada sandal, sensor tersebut berfungsi untuk mendapatkan nilai dari sensor Load Cell yang akan diproses dengan mikrokontroler Wemos D1. Hasil dari proses tersebut akan keluar pada perangkat android yang biasa digunakan sehari hari. Alat ini bisakita gunakan layaknya timbangan biasa, saat berdiri tegak kita bisa mendapatkan nilai berat badan, dan alat ini juga bisa digunakan saat kondisi berjalan. Pada penelitian ini akan di khususkan meneliti alat tersebut saat dalam kondisi berjalan kaki. Dengan adanya alat ini kita bisa mempermudah pengguna dalam memonitoring berat badan saat beraktifitas sehari-hari tanpa menggunakan timbangan biasa.

English Abstract

The ideal body is everyone's dream. From teenagers to old people, both male and female, definitely want the ideal body. The ideal body can be obtained from sufficient exercise, a healthy diet, and adequate sleep. We can find out whether our bodies are ideal or not by measuring their body height and body weight, which are adjusted from the person's age. Monitoring weight is one of the needs to maintain a healthy body. We should always check our weight, so we can control the body's healthy patterns. Sometimes measuring weight takes time, for busy people it may not be important. In fact it is very necessary to always know the weight. It will be very helpful if there is a weight meter that can be used at any time and is not required to stand still on a regular weight scale. Therefore we need a tool that can make it easier for us to monitor our weight at any time. We can check our weight when sleeping, running, eating, and all daily activities. In this study, we will create a wearable device that adds the function of sandals to a weight monitoring tool. By using several Load Cell sensors on the sandal, these sensors function to get the value of the Load Cell sensor which will be processed with the Wemos D1 microcontroller. The results of the process will come out on android devices that are commonly used every day. We can use this tool like an ordinary scale, when standing upright we can get a weight value, and this tool can also be used when walking conditions. In this study, we will focus on examining the device while walking. With this tool, we can make it easier for users to monitor their weight during daily activities without using ordinary scales

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:12
Last Modified: 23 Feb 2022 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184173
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AFFLATUSLLOH ADI SALUNG.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item