Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Siswa Kelas 6 SD Zainul Kabupaten Probolinggo Pada Metode Pembelajaran Daring

Amalia, Faiqotul (2021) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Siswa Kelas 6 SD Zainul Kabupaten Probolinggo Pada Metode Pembelajaran Daring. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Di Indonesia pandemi covid-19 sudah menjadi salah satu krisis kesehatan masyarakat yang perlu ditangani dengan segera. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mengurangi penyebaran covid-19 salah satunya yaitu dengan diterapkannya metode pembelajaran daring. Metode pembelajaran yang berbeda akibat dari berbagai faktor dapat berpotensi terjadinya stres pada siswa. Oleh sebab itu, bantuan dan dukungan diperlukan dalam mengahadapi situasi saat ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres siswa kelas 6 SD Zainul Hasan pada metode pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif secara cross sectional. Sampel yang didapat yaitu sebanyak 56 siswa kelas 6 SD Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo secara purposive sampling. Data didapat melalui pengisian kuesioner dukungan keluarga dan tingkat stres pada siswa. Analisis data menggunakan uji statistic nonparametric rank spreaman Didapatkan hasil penelitian bahwa angka probabilitas (0,000), dimana ρ-value < 0,05. menunjukkan kedua variabel terdapat hubungan cukup dengan sifat tidak searah. Kesimpulan didapatkan hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat stres siswa kelas 6 SD Zainul Hasan pada metode pembelajaran daring. Semakin baik dukungan dari keluarga maka tingkat stres yang dialami oleh siswa semakin rendah. Kata kunci: dukungan keluarga, tingkat stres, siswa kelas 6, metode pembelajaran daring "

English Abstract

In Indonesia, the COVID-19 pandemic has become a public health crisis that needs to be addressed immediately. One of the way to break the chain of COVID-19 spreadness by applying online learning methods. This different learning method by these various factors can potentially cause stress to students. Therefore, giving full help and support from family members is very much needed in dealing with the current situation. The purpose of study was to determine the relationship among family support and stress levels of 6th graders at Zainul Hasan Elementary School in the online learning method. The research model is a descriptive correlation using cross sectional. Research sample consisted of 56 6th grade students of SD Zainul Hasan Genggong Probolinggo Regency using purposive sampling. Data was collected by throught fillinf out a questionnaires in family support and stress levels to students. Data analysis used nonparametric rank sprayer statistical test. The results of the study probability number is (0.000), where (ρ-value < 0,05). The correlation coefficient value is -0.490, the meaning is two variables have a sufficient relationship and are not unidirectional. The conclusion is significant relationship among family support and the stress levels of 6th graders at Zainul Hasan Elementary School in the online learning method. The better the support from their family, the lower the stress level experienced by students.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052106
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: agung
Date Deposited: 19 Oct 2021 15:11
Last Modified: 03 Oct 2024 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184168
[thumbnail of Faiqotul Amalia.pdf] Text
Faiqotul Amalia.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item