Hubungan Lingkungan Pembelajaran Klinik dengan Kompetensi Alumni Mahasiswa Program Profesi Ners Universitas Brawijaya

Ramadhani Roslin, Anggun (2021) Hubungan Lingkungan Pembelajaran Klinik dengan Kompetensi Alumni Mahasiswa Program Profesi Ners Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Perawat baru akan menghadapi berbagai masalah di tempat kerja seperti belum siap untuk bekerja, tidak percaya diri, dan tidak kompeten dalam melakukan asuhan keperawatan yang efektif dan aman bagi pasien. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi perawat baru adalah lingkungan pembelajaran saat pendidikan klinik. Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran klinik merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara lingkungan pembelajaran klinik dengan kompetensi alumni mahasiswa program pendidikan Ners Universitas Brawijaya. Desain penelitian adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan yaitu consecutive sampling sehingga didapatkan subjek penelitian berjumlah 116 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Clinical Learning Environment Diagnostic Inventory (CLEDI) untuk menilai variabel lingkungan pembelajaran klinik dan kuesioner Competency Inventory of Nursing Students (CINS) untuk menilai variabel kompetensi mahasiswa. Analisis data menggunakan uji Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan pembelajaran klinik dengan kompetensi alumni mahasiswa program profesi Ners Universitas Brawijaya (p<0,001; α= 0,05), semakin baik persepsi lingkungan pembelajaran klinik maka semakin baik juga persepsi pencapaian kompetensi oleh mahasiswa (r=0,364). Lingkungan pembelajaran klinik yang baik akan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dalam pengembangan keterampilan dan kompetensi klinis. Oleh karena itu, pentingnya untuk meningkatkan lingkungan pembelajaran klinik melalui peningkatan peran dan kompetensi perawat supervisi dan perawat di ruangan dalam memberikan supervisi kepada mahasiswa sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi pada mahasiswa klinik. Kata kunci: Lingkungan Pembelajaran Klinik, Kompetensi, Kompetensi Klinik, Mahasiswa Keperawatan "

English Abstract

New nurses will face various problems in the workplace such as unprepared, insecure, and incompetent to provide effective and safe nursing care for patients. On of the factors that effecr the competence of new nurses is the learning environment during clinical education. Students' perceptions of the clinical learning environment are factors that determine learning outcomes. This study aims to determine the relationship between the clinical learning environment with competencies in the Alumni of the Nurses Education Program. The sampling method was consecutive sampling so that the research subjects were 68 people. The research design used was correlational analytic with retrospective method. The instruments used were the Clinical Learning Environment Diagnostic Inventory (CLEDI) questionnaire to assess the clinical learning environment variables and the Competency Inventory of Nursing Students (CINS) to assess students competency variables. Data analysis using Pearson correlation test. The results showed that there was a significant relationship between the clinical learning environment and competency on the alumni of the Nursing education program at Brawijaya University (p<0,001; α= 0,05), the better the perception of the clinical learning environment, the better the perception of students competency achievement (r=0.364). A good clinical learning environment will create a meaningful learning experience in the development of clinical skills and competencies. Therefore, it is important to improve the clinical learning environment through increasing the role and competence of supervising nurses and nurses in the room in providing supervision to students so that they can increase competency achievement in clinical students.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052106
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: agung
Date Deposited: 19 Oct 2021 12:57
Last Modified: 17 Oct 2024 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184133
[thumbnail of Anggun Ramadhani Roslin..pdf] Text
Anggun Ramadhani Roslin..pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item