Uluran Tangan di Era Pandemi: Mengeksplorasi Motivasi dan Implikasi Corporate Social Responsibility Pada Masa Pandemi Covid-19

Goldina Puteri Dewi, 'Kadek (2021) Uluran Tangan di Era Pandemi: Mengeksplorasi Motivasi dan Implikasi Corporate Social Responsibility Pada Masa Pandemi Covid-19. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Kadek Goldina Puteri Dewi: Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 19 Maret 2021. Uluran Tangan di Era Pandemi: Mengeksplorasi Motivasi dan Implikasi Corporate Social Responsibility Pada Masa Pandemi Covid-19. Ketua Pembimbing: Eko Ganis Sukoharsono, Komisi Pembimbing: Zaki Baridwan Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi dan implikasi praktik corporate social responsibility PT Bank BPD Bali pada masa pandemi covid-19. Corporate social responsibility didefinisikan sebagai sebagai tanggung jawab moral berkelanjutan suatu perusahaan kepada pemangku kepentingan terutama komunitas atau masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif pada aspek ekonomi sosial dan lingkungan. Metode penelitian dalam penelitian adalah metode kualitatif positivis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif positivis dengan pendekatan studi kasus, artikel ini berhasil menemukan bahwa motivasi dari pelaksanaan CSR PT Bank BPD Bali dalam masa pandemi covid-19 yakni Community Assistance atau membantu penyelesaian masalah masyarakat secara parsial yakni dengan pemberian donasi dan melakukan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan pelatihan bisnis bagi masyarakat yang terdampak pandemi, serta konsep implikasi dari motivasi pelaksanaan CSR PT Bank BPD Bali dalam masa pandemi covid-19 yaitu True Win Win Situation atau terciptanya satu ekosistem yang menguntungkan semua pihak. Pemegang saham mendapatkan kualitas layanan yang terus meningkat, perusahaan bisa terus melakukan inovasi, dan tansformasi untuk jasa layanan bank dan keuntungan ini pada akhirnya akan dikembalikan ke tangan masyarakat untuk turut membantu membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 sehingga masyarakat dapat berdaya dengan bantuan yang diberikan oleh PT Bank BPD Bali. Motivasi dan implikasi tersebut mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan mendorong terbangunnya sinergisitas perusahaan dengan instansi pemerintah pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Covid-19, Community Assistance, True Win Win Situation"

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 19 Oct 2021 11:31
Last Modified: 24 Feb 2022 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184128
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
goldina puteri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item