Komunikasi Internal Sebagai Upaya Mempertahankan Reputasi Perusahaan (Studi Kasus Deskriptif: Penerapan Program Attitude Reinforcement Technique Oleh Pt Badak Ngl Kepada Karyawan Perusahaan)

Yuzaili, Mohammad Haidi and Nilam Wardasari,, S.I.Kom., M.I.Kom. (2021) Komunikasi Internal Sebagai Upaya Mempertahankan Reputasi Perusahaan (Studi Kasus Deskriptif: Penerapan Program Attitude Reinforcement Technique Oleh Pt Badak Ngl Kepada Karyawan Perusahaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan yang bergerak pada sektor industri khususnya sektor pengolahan hasil sumber daya alam, akan memiliki risiko terhadap adanya hal buruk seperti kejadian kecelakaan di tempat kerja yang menyebabkan image dan reputasi perusahaan menjadi menurun. Keterlibatan dan peran dari stakeholder internal maupun eksternal dalam mewujudkan capaian perusahaan tentu dapat menjadi alat bantu dan juga sebuah tantangan bagi perusahaan untuk dapat menyelaraskan tujuan diantara kepentingan dua belah pihak. Pemenuhan kebutuhan dan ekspektasi harapan dalam rangka memperoleh atribusi yang positif, hal tersebut tentu memerlukan proses identifikasi dan kemampuan dari pemegang peran public relations dalam melihat jalan peluang untuk dapat membawa perusahaan kepada pintu gerbang kesuksesan. Pelaksanaan komunikasi internal melalui peran public relations merupakan salah satu upaya dalam mengkomunikasikan tujuan bisnis perusahaan yang berusaha memenuhi ekspektasi dan harapan dari para pemangku kepentingan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus deskriptif dengan jenis data penelitian kualitatif. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti ialah wawancara dan dokumentasi. Pemilihan narasumber atau informan dalam penelitian ini merupakan beberapa karyawan PT Badak NGL dari beberapa multi jenjang jabatan yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data pattern matching, expalanition building, time-series analysis, dan logic model. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa PT Badak NGL telah menjalankan peran manajemen public relations melalui pelaksanaan komunikasi internal perusahaan sebagai upaya mengkomunikasikan pesan perusahaan kepada seluruh karyawan terkait tujuan bisnis perusahaan yang mengedepankan keberadaan pemangku kepentingan. Keberadaan Pemerintah Indonesia telah memengaruhi proses perencanaan dan pelaksanaan program komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi bisnis yang berlaku di Indonesia. Disamping itu, keberadaan lembaga akreditasi independen Det Norske Veritas telah membantu PT Badak NGL dalam memperoleh atribusi positif atau cara pandang yang positif dari operator kilang LNG di berbagai belahan benua terkait standarisasi manajemen keselamatan kerja dan penghargaan tingkat internasional yang diterima oleh PT Badak NGL.

English Abstract

"Many companies engaged in the industrial sector, especially the natural resource processing sector, may probably have a risk of undesirable things such as accidents in the workplace that could affect the company’s image and reputation to be disreputable. The role and involvement of internal and external stakeholders in manifesting company achievements can certainly be tools and also challenges for the company to be able to conform aims among these two parties interests. Fulfilling the needs and expectations to obtain positive attributions, indeed demand the capability of the role of public relations to identify the possible opportunities, thus leading the company into the gate of success. The implementation of internal communication through the role of public relations is one of the attempts to communicate the aims of the company’s business, contributing to satisfy the expectations of the company’s stakeholders. This research uses a descriptive case study research method with a qualitative research data type. Therefore, the data collection techniques carried out by the researcher are interviews and documentations. The interviewees in this research are several employees from PT Badak NGL with different levels of positions. The data analysis techniques used are pattern matching, explanation building, time-series analysis, and logic models. The results of this research indicate that PT Badak NGL has been undertaking the role in public relations management through the implementation of internal communication as an attempt to communicate the company's message to all employees regarding the aims of the company’s business by prioritizing the existence of stakeholders. The existence of the Indonesian government has affected the planning and implementation of communication programs carried out by companies as an obedience form to applicable business regulations in Indonesia. In addition, the existence of the independent accreditation agency called Det Norske Veritas has assisted PT Badak NGL in obtaining positive attributions or perspectives from LNG plant operators in various parts of the continents due to work safety management standardization and international awards received by PT Badak NGL."

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052111
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Stakeholders, Reputasi Perusahaan, Internal Communication, Stakeholders, Corporate Reputation
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:15
Last Modified: 24 Sep 2024 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184125
[thumbnail of Mohammad Haidi Yuzaili.pdf] Text
Mohammad Haidi Yuzaili.pdf

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item