Komunikasi Verbal dan Nonverbal Bhikkhu dengan Samanera dan Atthasilani: The Asian Perspective

E.A. Pepper, Maria (2021) Komunikasi Verbal dan Nonverbal Bhikkhu dengan Samanera dan Atthasilani: The Asian Perspective. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Dissanayake (2003) mengatakan bahwa komunikasi tidak lepas dari budaya, maka komunikasi tidak bisa dipahami dari satu budaya/perspektif saja. Salah satu perspektif yang perlu perhatian dan pendalaman adalah perspektif Asia. Di antara banyaknya perspektif Asia yang dapat diteliti dan dikembangkan, riset komunikasi perspektif Buddha yang dikenal sebagai “way of life” menarik untuk dikaji, tetapi belum banyak dieksplor di Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi verbal dan nonverbal bhikkhu dengan samanera dan atthasilani di Padepokan Dhammadipa Arama Batu dengan menggabungkan perspektif Asia (Buddha) dan Barat tentang komunikasi. Pendekatan dan metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi mereka dapat dibagi menjadi beberapa tema berikut: menjaga citra untuk mencegah potensi konflik; adanya limitasi atau pembatasan terhadap gaya komunikasi yang didasarkan pada gender; adanya rasa hormat dan senioritas dalam proses komunikasi. Gagasan-gagasan yang diungkapkan secara verbal cenderung bersifat metta (cinta kasih) dan menekankan moralitas Buddhis. Penerapan konsep samma sati menonjolkan atensi pada apa yang diucap, kapan mengucapnya, dan kepada siapa ia sedang berucap. Mindful communication ini mampu mereka capai dengan bantuan samatha dan vipassana bhavana (meditasi). Tipe komunikasi nonverbal yang menarik dari hasil penelitian adalah keheningan. Konsep diam ini mereka lakukan bukan untuk menyakiti seperti salah satu fungsi keheningan yang dipaparkan oleh De Vito (2012), melainkan difokuskan untuk perenungan dan penghormatan.

English Abstract

Dissanayake (2003) said that communication cannot be separated from culture, so communication cannot be understood from one culture/perspective only. One perspective that needs attention and deepening is the Asian perspective. Among the many Asian perspectives that can be researched and developed, the Buddhist perspective, also known as the "way of life" is interesting yet has not been explored muchin Indonesia. This study aims to describe the verbal and nonverbal communication of bhikkhus with samaneras and atthasilanis at Padepokan Dhammadipa Arama Batu by combining both Asian (Buddhist) and Western perspectives on communication. The approach and method used is the qualitative descriptive research design. Results show that their communication behavior could be divided into the following themes: maintaining a positive image to prevent potential conflicts; limitations on communication styles based on gender; respect and the concept of seniority in the communication process. Ideas expressed verbally tend toshowmetta (loving-kindness) and emphasis onBuddhist morality. The application of samma satibrings attention to what is being said, when to say it, and to whom it is being spoken. They achieve mindful communication by practicingsamatha and vipassana bhavana (meditation) daily. An interesting type of nonverbal communication from the research results is silence. Silence is used not to hurt the other individual –as one of the functions of silence proposed by De Vito (2012)–but rather tofocus on reflection and respect.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052111
Uncontrolled Keywords: komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, perspektif Buddhis-Asia, mindfulness; verbal communication, nonverbal communication, Buddhist-Asian perspective, mindfulness
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:15
Last Modified: 24 Feb 2022 15:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184120
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MARIA PEPPER.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item