Model Pengambilan Keputusan dalam Adopsi Menstrual Cup sebagai Produk Ramah Lingkungan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Konsumen Pengguna Produk Menstrual Cup)

Najla Nadhifah, Fairuz (2021) Model Pengambilan Keputusan dalam Adopsi Menstrual Cup sebagai Produk Ramah Lingkungan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Konsumen Pengguna Produk Menstrual Cup). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

"Menstrual cup merupakan sebuah alternatif dari produk saniter wanita yang ramah lingkungan. Menstrual cup kini mulai banyak diperbincangkan oleh masyarakat, termasuk di Indonesia, seiring dengan meningkatnya tren mengenai gaya hidup ramah lingkungan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana adaptasi Stages of Change Model dan Process of Change yang dilakukan oleh beberapa individu dalam mengadopsi menstrual cup sebagai alternatif produk saniter wanita yang ramah lingkungan, yang mana model ini juga merupakan bagian dari proses komunikasi lingkungan. Selain itu, penelitian ini juga berupaya untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang dialami individu dalam mengadopsi menstrual cup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada 5 informan. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu pertama mengenai intervensi komunikasi lingkungan dan intervensi komunikasi yang berperan dalam mempengaruhi tahapan-tahapan perubahan perilaku informan. Kedua, environmental attitude yang ditunjukkan oleh informan. Ketiga, penelitian ini menghasilkan 3 bentuk model pengambilan keputusan dalam perubahan perilaku adopsi menstrual cup sebagai produk ramah lingkungan dan juga menyimpulkan bahwa setiap individu dapat mengalami Process of Change yang berbeda sesuai dengan intervensi komunikasi yang mempengaruhi individu. Keempat, hambatan dan tantangan yang dirasakan oleh informan yaitu hambatan dari keluarga dan hambatan mengenai harga jual menstrual cup yang cukup tinggi. Tantangan yang paling banyak dirasakan adalah tantangan mental karena penggunaan menstrual cup yang sangat berbeda dengan produk saniter wanita lainnya."

English Abstract

Fairuz Najla Nadhifah (175120207111006), Communication Management, Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Science, Brawijaya University, Malang. Thesis “Decision-Making Model in The Adoption of Menstrual Cup As A Green Product (A Descriptive Qualitative Study of Menstrual Cup Users)”. Advisor: Dian Tamitiadini, S.I.Kom, M.Si. Menstrual Cup is a more environmentally friendly alternative of women’s sanitary products. Including Indonesia, menstrual cup is now starting to be discussed by the public along with the growing trend of environmentally friendly lifestyles. This study aims to analyze the decision-making process in change of behavior of the adoption of menstrual cup as a green product. This study also seeks to identify the obstacles and challenges that the individuals experience in adopting menstrual cup. In addition, this model is also used to understand the decisionmaking process as a part of environmental communication process. Researcher used a descriptive qualitative method by conducting an in-depth interview with 5 informants. This study resulted in 4 main points; firstly, environmental communication and communication interventions in informant’s stages of behavior change. Secondly, informant’s environmental attitude. Thirdly, this study resulted in 3 models of decision-making process in the adoption of menstrual cup as a green product in which each informant could have different process of change depending on the interventions that influenced them. Fourthly, the obstacles that most of the informants experienced are family related and money related, and the challenge that most of the informants experienced is about the usage of menstrual cup that’s very different from other products. Keywords: Stages of Change Model, Change in Behavior, Menstrual Cup, Green Product.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 302.2
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Stages of Change Model, Perubahan Perilaku, Menstrual Cup, Green Product.-- Stages of Change Model, Change in Behavior, Menstrual Cup, Green Product.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username rizky
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:17
Last Modified: 23 Feb 2022 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184099
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FAIRUZ NAJLA NADHIFAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item