PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN DATAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN PENDEKATAN THINK-PAIR-SHARE

Munandar, M. Wiranto Aris and Dr. Eng. Herman Tolle,, S.T., M.T and Wayan Firdaus Mahmudy,, S.Si., M.T., Ph.D, (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN DATAR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN PENDEKATAN THINK-PAIR-SHARE. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tunagrahita merupakan anak berkebutuhan khusus yang memiliki kekurangan dalam kecerdasan intelektual yang dibawah rata-rata. Pendidikan anak tunagrahita berbeda dengan anak normal karena harus menggunakan guru yang khusus yang dapat menerjemahkan sebuah perintah ke anak tunagrahita. Pembelajarannya harus bersifat interaktif karena anak tunagrahita daya tangkap yang lemah. Tujuan dari penelitian ini adalah mampumenghasilkan aplikasi yang dapat membantu dalam pengenalanbangun datar kepada anak tunagrahita yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Uji coba dalam penelitian menggunakan mirip One group Pretest-posttes design (Sugiono). Dalam one group pretest-posttest design mengunakan pengujian pretest dilanjutkan treatment dilanjutkan posttest, sedangkan pada penelitian menggunakan treatment dengan metode pembelajaran konvensional, dilanjutkan dengan pretes, dilanjutkan dengan treatment dengan metode yang diusulkan yaitu Think-share-pair. Pemilihan metode uji ini bertujuan untuk membandingkan hasil dari treament pembelajaran dengan metode konvensional dengan treament pembelajaran dengan metode Think-share-Pair dengan bantuan aplikasi. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu dari hasil analisis uji beda (uji-t) dalam media pembelajaran berbasis Augmented reality dengan pendekatan think-pair-share pengenalan bangun datar mengunakan metode think-pair-share untuk meningkatkan daya tangkap dan cognitive anak tunagrahita adalah signifikan. Nilai pretest rata-rata sebesar 78,778 dan nilai posttest 80,444 yang berarti bahwa rata-rata penggunaan Augmented reality dengan pendekatan think- pair-share pengenalan bangun datar mengunakan metode think-pair-share untuk meningkatkan daya tangkap dan cognitive anak tunagrahita lebih tinggi dan signifikan dibandingkan dengan media konvensional (pretest).

English Abstract

Mental retardation is a child with special needs who has a deficiency in intellectual intelligence that is below average. The education of mentally retarded children is different from normal children because they have to use special teachers who can translate an order to mentally retarded children. The learning must be interactive because mentally retarded children have weak grasping power. The aim of this research is to produce applications that can assist in the introduction of two-dimensional figures to children with intellectual disabilities that is applicable in everyday life. The trial in this study used a similar One group pretest-posttest design (Sugiono). In one group pretest-posttest, the design uses pretest testing that is followed by treatment, then posttest. Meanwhile, in research using treatment with conventional learning methods, pretest is followed by treatment with the proposed method, namely Think-share-pair. This test method is chosen to compare the results of the learning treatment with the conventional method and the Think-share-Pair method with the help of the application. The conclusions that can be drawn are the results of the analysis of the difference test (t-test) in Augmented reality-based learning media. The think- pair-share approach to introduce two-dimensional figures can significantly improve the capabilities and cognitive of children with intellectual disabilities. The average pretest value is 78.778 and the posttest value is 80.444, which means that the average use of Augmented reality with the think-pair-share approach to introduce two-dimensional figures is higher and significant compared to the conventional media (pretest)

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042115
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, think-pair-share, daya tangkap, cognitive, anak tunagrahita,Augmented reality, think-pair-share, comprehension, cognitive, mentally retarded children
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:03
Last Modified: 25 Sep 2024 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184077
[thumbnail of M. Wiranto Aris Munandar.pdf] Text
M. Wiranto Aris Munandar.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item