"ANALISIS DAN REKOMENDASI PERBAIKAN PROSES BISNIS DI SEBUAH PERUSAHAAN MAKANAN RINGAN MENGGUNAKAN LEAN THINKING DAN TAKAGI-SUGENO FUZZY MODEL UNTUK MENGURANGI JUMLAH PENGEMBALIAN PRODUK "

Nur Previana, Cantika (2021) "ANALISIS DAN REKOMENDASI PERBAIKAN PROSES BISNIS DI SEBUAH PERUSAHAAN MAKANAN RINGAN MENGGUNAKAN LEAN THINKING DAN TAKAGI-SUGENO FUZZY MODEL UNTUK MENGURANGI JUMLAH PENGEMBALIAN PRODUK ". Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembalian produk (retur) merupakan salah satu tantangan bagi para pelaku bisnis di bidang manufaktur. Pengembalian produk juga muncul di sebuah perusahaan di industri makanan makanan ringan, di Kota Kediri. Perusahaan ini mendapatkan jumlah pengembalian produk makanan lebih besar daripada penjualan produk tersebut. Penelitian yang dilakukan dalam tesis ini akan terkait dengan mengidentifikasi penyebab dan melakukan perbaikan proses bisnis untuk mengatasi masalah perusahaan tersebut, yaitu tingginya jumlah pengembalian produk. Tingginya jumlah pengembalian produk memengaruhi tujuan bisnis perusahaan yaitu penurunan keuntungan. Tujuan bisnis yang tidak dapat dipenuhi mengharuskan manajemen untuk mengidentifikasi penyebab masalah pengembalian produk sehingga masalah tidak terulang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada proses bisnis sebuah perusahaan makanan ringan menggunakan root cause analysis dan lean thinking, dan kemudian mengklasifikan pemborosan yang terjadi pada proses bisnis perusahaan menggunakan lean thinking dan Takagi-Sugeno fuzzy model. Setelah pemborosan dapat dihilangkan, maka dapat terbentuk sebuah rekomendasi perbaikan proses bisnis pada perusahaan makanan ringan di Kediri. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana rekomendasi perbaikan proses bisnis pada sebuah perusahaan makanan ringan di Kediri dapat diterima oleh manajemen dan dapat mengurangi jumlah pengembalian produk. Hasil dari rekomendasi perbaikanproses bisnis yang telah dilakukan selama 57 hari mencapai nilai penerimaan 93,6% dan nilai pengembalian produk menurun sebesar 24%.

Item Type: Thesis (Magister)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:59
Last Modified: 24 Feb 2022 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184073
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CANTIKA NUR PREVIANA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item