Rancang Bangun Programmable Logic Controller Pada Pompa Irigasi Semi Otomatis Untuk Tanaman Cabai

Prananda Nugraha, Adyartama (2021) Rancang Bangun Programmable Logic Controller Pada Pompa Irigasi Semi Otomatis Untuk Tanaman Cabai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi pertanian saat ini sudah semakin berkembang dan beragam. Pertanian yang sedang berkembang dan banyak mengalami permasalahan didalam pembudidayaan yaitu pertanian komoditas cabai. Beberapa faktor yang menjadi kendala yaitu cuaca yang tidak menentu, dan serangan dari hama. Terdapat beragam teknologi yang dapat mengontrol kualitas dari hasil pertanian cabai tersebut, salah satunya adalah PLC. Programmable Logic Controller (PLC) adalah suatu mikroprosesor yang digunakan untuk otomasi proses industri seperti pengawasan dan pengontrolan mesin di jalur perakitan suatu pabrik. Bahasa yang digunakan oleh PLC adalah Ladder, yang berisi input dan output proses. PLC memiliki perangkat masukan dan keluaran yang digunakan untuk berhubungan dengan perangkat luar seperti sensor, relay, dan lain-lain. Irigasi merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan usaha tani. Tujuan dari irigasi yaitu untuk membasahi tanah sehingga dapat dicapai suatu kondisi yang sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan tanaman yang ada di tanah tersebut. Pada penelitian ini dirancang sebuat alat Pompa Irigasi Semi Otomatis menggunakan PLC. Pompa dirancang semi otomatis yang dapat melakukan proses irigasi secara otomatis berdasarkan tingkat kelembapan tanahnya, proses pemupukan dan pemberian pestisida secara manual sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh petani. Penelitian ini menghasilkan perbedaan dalam ujicoba yang dilakukan, yaitu ujicoba kelembapan tanah yang memiliki nilai kelembapan sebesar 70% mendapatkan hasil tanaman cabai yang subur dan ujicoba kelembapan tanah yang memiliki nilai kelembapan tanah sebesar 57,50% mendapatkan hasil tanaman cabai yang hanya tinggal berupa batang tangkainya saja dikarenakan mengalami kerontokan pada daunnya.

English Abstract

In Indonesia, chili plants can be cultivated in the lowlands or higlands, but chili production is not good and the increase is not proportional to the rapid market demand. Some of the factors that become obstacles include persistent weather, such as a long rainy season, inefficient sunlight and attacks from pest. There are various technologies that can control the quality of the chili agricultural products, one of which is PLC. Irrigation is one of the important factors in farming activities. The purpose of irrigation is to wet the soil so that conditions can be achieved according to the needs for plant growth in the soil. Semi Automatic Irrigation Pump tool is designed to use a control system such as PLC. Pump designed semi-automatic which can carry out the irrigation process automatically based on the level of soil moisture, process of fertilizing and applying pesticides manually according to the needs of the farmers. This thesis result in differences in the trials conduted, that is the soil moisuture test which had a humidity value of 70 obtained fertile chili plants and the soil moisture test which had a soil moistre value of 57,50 got the results of chili plants that only remained in the form of stems because the experienced leaf loss.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 621.381
Uncontrolled Keywords: Tanaman Cabai, Semi Otomatis, Kelembapan, Pemupukan, Pestisida, PLC, Chili Plant, Semi Automatic, Humidity, Fertilizers, Pesticides.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.381 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Unnamed user with email gaby
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:56
Last Modified: 23 Feb 2022 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184042
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
adyartama prananda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (9MB) | Request a copy

Actions (login required)

View Item View Item