KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Probolinggo)

MASMALA, NABIELLA EVANDA KHURRY (2012) KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah utama yang menjadi pokok bahasan dalam skripsi ini adalah masalah Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Kependudukan. Hal ini dilatarbelakangi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik yang masih menjadi persoalan yang perlu perhatian dan penyelesaian yang komprehensif. Kedudukan organisasi publik atau pemerintah sebagai wadah memberikan layanan publik dituntut lebih mampu mempertahankan eksistensinya dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik dapat memberikan kualitas pelayanan yang diberikan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dan informasi dilakukan metode wawancara dan Observasi. Fokus penelitiannya adalah Kualitas penyelenggaraan pelayanan kependudukan yang meliputi: mekanisme pelayanan, prosedur pelayanan, ketepatan waktu penyelesaian pelayanan, biaya yang diperlukan dalam penyelenggaraan pelayanan, selain itu juga untuk mengetahui faktor penunjang terciptanya kualitas penyelenggaraan pelayanan kependudukan. Penelitian ini menghasilkan: kualitas penyelenggaraan pelayanan kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Probolinggo sesuai dengan Perda Kota Probolinggo Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Di dalam mengukur kualitas penyelenggaraan pelayanan kependudukan terdiri dari beberapa parameter yaitu, diantaranya : 1. Mekanisme pelayanan; 2. Prosedur pelayanan; 3. Ketepatan waktu penyelesaian pelayanan; 4. Biaya yang diperlukan dalam penyelenggaraan pelayanan; 5. Akurasi produk pelayanan sedangkan faktor penunjang terciptanya kualitas penyelenggaraan pelayanan terdiri dari : 1. Kedisiplinan; 2. Kemampuan petugas pelayanan; 3. Kesopanan dan keramahan; 4. Kenyamanan lingkungan. Secara keseluruhan kualitas penyelenggaraan pelayanan kependudukan di Dispendukcapil Kota Probolinggo sudah dapat dikatakan telah memenuhi kriteria. Dikatakan memenuhi kriteria karena sudah mencakup beberapa parameter yang telah dijelaskan diatas. Minimnya keluhan masyarakat pemohon dalam mengurus produk pelayanan juga merupakan salah satu faktor keberhasilan Dispendukcapil Kota Probolinggo dalam memberikan serta menyelenggarakan pelayanan kependudukan. Selain itu, Dispendukcapil Kota Probolinggo juga diharapkan senantiasa memberikan penyuluhan-penyuluhan, mengadakan diklat, dan melakukan pembinaan mental supaya pelayanan yang diberikan bisa maksimal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 351
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username anik
Date Deposited: 22 Oct 2021 14:01
Last Modified: 01 Dec 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183963
[thumbnail of 051304372.pdf]
Preview
Text
051304372.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item