Mayangsari, Putri Ismie (2013) Inovasi PT. Pos Indonesia dalam Menjaga Eksistensi dan Daya Saing Pelayanan Publik (Studi Pada PT. Pos Indonesia Sidoarjo 62100). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Pos Indonesia Sidoarjo merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa pengiriman surat, dokumen, dan paket. Sebagai salah satu penyedia layanan publik, PT. Pos Indonesia dituntut untuk bisa melakukan inovasi seiring dengan munculnya para pesaing di bisnis yang sama. Karena untuk bisa memenangkan persaingan PT. Pos Indonesia Sidoarjo harus bisa menjadi organisasi publik yang inovatif. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bentuk-bentuk inovasi yang dilakukan PT. Pos Indonesia Sidoarjo dalam menjaga eksistensi dan daya saing pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian (1) Inovasi yang dilakukan PT. Pos Indonesia; (2) Keberhasilan dan kegagalan inovasi yang dilakukan; (3) Faktor pendorong dan penghambat inovasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri. Metode analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian pada PT. Pos Indonesia Sidoarjo 62100 dapat diperoleh bahwa inovasi produk dan proses yang dilakukan telah berhasil menjawab tantangan. Akan tetapi, inovasi produk dan proses tersebut belum mampu menjawab tantangan organisasional terkait dengan kualitas dan kuantitas SDM. Keberhasilan inovasi tersebut tidak hanya dilihat dari keunggulan produk tersebut, akan tetapi keberhasilan inovasi didukung dengan adanya strategi yang baik dalam memasarkan produk tersebut sehingga dapat diterima oleh pengguna layanan. Dalam melaksanakan inovasi, ada faktor pendorong dan penghambat dalam pelaksanaannya. Sumber daya mannusia serta visi dan misi merupakan faktor pendorong internal dalam melakukan inovasi di PT. Pos Indonesia Sidoarjo. Sedangkan sarana dan prasarana serta biaya adalah faktor penghambatnya. Untuk faktor yang mendorong dari luar untuk melakukan inovasi adalah adanya kebijakan pemerintah, kemajuan teknologi, dan persaingan yang semakin ketat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pelanggan
English Abstract
vi SUMMARY Putri Ismie Mayangsari, 2009, Innovation PT. Pos Indonesia to Maintain Existence and Competitiveness of Public Service (Study on PT. Pos Indonesia Sidoarjo 62100), Chief of Adviser Committee Dr. Moch. SalehSoeaidy, MA, Member of Adviser Committee Wima Yudho P., S.sos. MAP, 148 page. PT. Pos Indonesia Sidoarjo is one of the State-Owned Enterprises (SOEs) are engaged in service delivery letters, documents and packages. As one of public service provider, PT. Pos Indonesia is required to be able to innovate in line with the emergence of competitors in the same business. Because in order to win the competition, PT. Pos Indonesia Sidoarjo should be an innovative public organization. This study aims to describe and analyze the forms of innovation by PT. Pos Indonesia Sidoarjo in maintaining the existence and competitiveness of public service.. This study uses descriptive qualitative method with focuses on (1) Innovation of PT. Pos Indonesia; (2) The success and failure of innovations; (3) The driving and inhibiting factors of innovation. The sources of the data used are primary and secondary data; the techniques of data collection through interviews and documentation; the research instrument used is researcher herself; the method of data analysis includes data reduction, data presentation, drawing conclusions or verification. Based on the results of research at PT. Pos Indonesia Sidoarjo 62100 can be obtained that the innovation of products and processes that have been successful challenge. However, product and process innovation has not been able to answer organizational challenges related to the quality and quantity of human resources. The success of innovation is not only seen from the advantages of these products, but the success of innovation supported by a good strategy in selling the product so it can be received by users of the service. In implementing of innovation, there are the drivers and inhibiting factors to implementation. Human resources and the vision and mission are an internal driving factor in the innovation at PT. Pos Indonesia Sidoarjo. While the infrastructure and costs are inhibiting factors. For external factors that drive for innovation is government policy, technological advances and increased of competition. While inhibiting factor is the customer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 350 Public administration and military science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 23:51 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 23:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183950 |
Preview |
Text
PUTRI ISMIE MAYANGSARI.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |